Garini, Nurina Ardya (2019) Identifikasi Dan Pengukuran Gt (Gross Tonnage) Kapal Ikan Tradisional Dengan Pendekatan Modeling Dibantu Komputer Pada Kapal Purse Seine Di Pelabuhan Perikanan Pantai (Ppp) Mayangan Probolinggo, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kegiatan penelitian tentang Identifikasi dan Pengukuran Gross Tonage (GT) Kapal Ikan Tradisional akan dilaksanakan di Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Mayangan, Probolinggo Jawa Timur dengan menggunakan kapal purse seine. Penelitian ini akan dilaksanakan pada Januari 2019 hingga bulan Februari 2019. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karateristik kapal ikan tradisional dengan alat tangkap purse seine, untuk mengetahui metode pengukuran GT kapal ikan tradisional dengan permodelan komputer pada kapal purse seine, untuk mengetahui ukuran koefiseien blok (Cb) sebagai koefiseien penentu besar GT kapal purse seine, untuk mengetahui selisih hasil pengukuran GT kapal ikan secara manual dengan permodelan dibantu komputer pada kapal purse seine. Metode yang digunakan yaitu memodelkan kapal purse seine dengan aplikasi Maxsurf dan Autocad, data yang akan diambil saat dilapang yaitu berupa ukuran utama kapal dengan menggunakan pedoman yang terdapat pada Peraturan Menteri Perhubungan No. PM 8 tahun 2013. Permodelan pada Maxsurf digunakan untuk mengetahui hasil hidrostatis, terutama menggetahui nilai koefisien balok (Cb), dimana hasilnya akan digunakan untuk menghitung GT. Sedangkan aplikasi autocad digunakan untuk membuat rencana garis, rencana umum dan gambar detail dari kapal ikan tradisional. Pengukuran yang dilakukan menggunakan metode pengukuran dalam negeri, karena ukuran kapal kurang dari 24 m. Pengukuran yang dilakukan yaitu menggunakan 6 sampel kapal purse seine dengan ukuran yang beragam. Setelah dibuat permodelan dengan menggunakan aplikasi Maxsurf didapat nilai Cb dengan rata-rata 0.528, nilai Cb tersebut jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan nilai Cb yang digunakan dalam surat ukur yaitu 0.7, hal tersebut pasti juga mempengaruhi nilai GT. GT yang berada disurat ukur bernilai 30, sedangkan hasil perhitungan ulang menggunakan rumus yang ditetapkan pada Peraturan Menteri Perhubungan No. PM 8 tahun 2013 dan menggunakan nilai Cb yang didapat dari permodelan mendapatkan hasil GT diatas 30. Dari permodelan yang dilakukan, juga dilakukan pembuatan rencana garis, rencana umum dan juga rencana detail konstruksi kapal. Rencana garis merupakan rencana awal yang gunakan dalam pembuatan kapal yang diproyeksikan dalam tiga gambar yaitu tampak atas, tampak depan dan juga tampak samping. Rencana umum ialah suatu gambar yang menyajikan bagian bagian didalam kapal. Rencana detai konstruksi merupakan gambar yang memperlihatkan bagian konstruksi kapal secara melintang dan secara memanjang dilihat dari tampak samping dan tampak atas
English Abstract
-
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FPIK/2019/664/051904395 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 21 Jul 2020 03:25 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 04:53 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170918 |
Preview |
Text
Laporan Skripsi_Nurina Ardya Garini_155080207111020_PSP.pdf Download (7MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |