Study Pendataan Perikanan Laut (Kasus) Di Upt P2skp Popoh, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur

Pratiwi, Galuh Enira (2019) Study Pendataan Perikanan Laut (Kasus) Di Upt P2skp Popoh, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur pada bulan 15 Januari 2017 hingga 19 Maret 2017. Tujuan dari Penelitian ini untuk mengetahui teknis pengumpulan dan rekapitulasi data perikanan, mempelajari bagaimana pengolahan, penyajian dan publikasi data hasil tangkapan dan mengetahui masalah atau kendala yang dihadapi dalam pengolahan data. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, partisipasi aktif, wawancara dan studi dokumentasi dengan sampel sumber data dipilih secara purposive sampling yaitu Dinas Kelautan dan Perikanan, Unit Pelaksanaan Teknis P2SKP Popoh Kabupaten Tulungagung, Tempat Pelelangan Ikan dan Kelompok Nelayan. Data dianalisis secara kualitatif menggunakan penalaran yang bersifat deduktif dengan penafsiran sistematis dan fungsional. Fokus permasalahan di dalam kajian ini adalah pengolahan, penyajian dan publikasi data hasil tangkapan. Kesimpulan yang didapat dari hasil penelitian ini adalah Proses penyajian data statistik perikanan tangkap di UPT P2SKP Popoh untuk penyajian data statistik harian, data yang telah direkap menjadi data per bulan dan per tahun hanya disimpan oleh petugas statistik DKP Provinsi tanpa dipublikasikan secara umum. Selanjutnya adalah Proses pengolahan, penyajian dan publikasi data hasil tangkapan di UPT P2SKP Popoh adalah Pengambilan data di TPI terlebih dahulu lalu melakukan rekap data. Setelah melakukan rekap data maka data tersebut akan dimasukkan ke sistem PIPP. Dan yang terakhir adalah kendala proses pengolahan, penyajian dan publikasi data hasil tangkapan di UPT P2SKP Popoh adalah pencatatan data yang kurang lengkap dikarenakan pencatatan data bongkar untuk malam hari terkadang tidak tercatat. Kendala yang kedua untuk pengolahan data statistik adalah sering terjadinya kesalahan input oleh petugas statistik pengambil data dan keterlambatan pengiriman data dari petugas lapang ke petugas penginput data. Kendala yang ketiga adalah sistem jaringan internet yang menghambat penguploadan di program PIPP tersebut juga sering dialami sehingga memperlambat proses validasi dan publikasi data.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/656/051904387
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 20 Jul 2020 12:21
Last Modified: 25 Oct 2021 05:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170889
[thumbnail of Galuh Enira Pratiwi.pdf]
Preview
Text
Galuh Enira Pratiwi.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item