Analisis Sifat Fisika, Kimia, Dan Organoleptik Mi Kering Ikan Patin Pangasius Pangasius) Dengan Fortifikasi Spirulina Platensis Terenkapsulasi Kappa Karaginan

Setiawan, Yohanes Ricky Dwi (2019) Analisis Sifat Fisika, Kimia, Dan Organoleptik Mi Kering Ikan Patin Pangasius Pangasius) Dengan Fortifikasi Spirulina Platensis Terenkapsulasi Kappa Karaginan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Mi kering saat ini merupakan makanan yang digemari oleh masyarakat. Hal ini karena pembuatannya yang sangat praktis dan kandungan lemaknya yang rendah jika dibandingkan dengan mi instan. Mi kering yang beredar di pasaran tinggi akan karbohidrat, namun rendah untuk kandungan gizi lain. Spirulina platensis merupakan salah satu mikroalga yang tinggi akan kadar protein dan asam lemak. Spirulina platensis dapat ditambahkan pada mi kering. Namun, rasa dan aroma asli Spirulina platensis perlu direduksi melalui teknologi enkapsulasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh analisis sifat fisika, organoleptik pada mi kering ikan patin dengan fortifikasi Spirulina plantensis terenkapsulasi kappa karaginan. Penelitian berlangsung pada bulan Januari - Maret 2019 di Laboratorium Nutrisi dan Pakan Ikan dan Laboratorium Penanganan Hasil Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Brawijaya. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode eksperimen, secara laboratories. Rancangan percobaan dalam penelitian utama adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) sederhana. Rancangan percobaan ini terdiri dari 4 sublevel dan lima kali ulangan sehingga didapatkan 20 satuan percobaan. Variabel bebas yang digunakan pada penelitian yaitu penambahan Spirulina platensis tanpa enkapsulasi 4%, penambahan Spirulina plantensis terenkapsulasi 4%, 4,5% dan 5% pada mi kering dan variabel terikat yaitu cooking loss, elongasi dan kuat tarik. Untuk analisis kimia yaitu analisa protein, lemak, kadar air, abu, karbohidrat, asam lemak dan uji organoleptik. Data yang diperoleh dari penelitian kemudian dianalisis menggunakan ANOVA untuk mengetahui pengaruh perlakuan terhadap beberapa parameter uji. Kriteria pemerimaan dan penolakan hipotesis statistik dapat dilihat dari nilai signifikasi (Sig.). Jika nilai Sig.<0,05 maka perlakuan tersebut berbeda nyata. Hasil tersebut dilanjutkan dengan uji Duncan Multiple Range Test (DMRT). Jika hasil menunjukkan Sig.<0,05 maka perlakuan tersebut berbeda nyata. Data yang diperoleh memiliki tingkat kepercayaan 95% dan tingkat keselahan 5%. Selanjutnya, dilakukan penentuan perlakuan terbaik dari semua perlakuan menggunakan metode De Garmo. Hasil analisis menunjukkan penambahan Spirulina platensis terenkapsulasi kappa karaginan dengan konsentrasi yang berbeda berpengaruh nyata terhadap sifat fisika, kimia dan organoleptik mi kering. Mi kering terbaik adalah yang difortifikasi dengan 5% Spirulina platensis terenkapsulasi kappa karaginan dengan sifat fisika yaitu cooking loss yaitu 4,45%, kuat tarik yaitu 0,39 N, elongasi yaitu 11,81%. Sifat kimia yaitu kadar air sebesar 9,8%; kadar protein yaitu 20,44%; kadar lemak yaitu 8,40%; kadar abu yaitu 2,93%; kadar karbohidrat yaitu 58,43%; kadar asam lemak yaitu 3,60%. Sifat organoleptik didapatkan nilai tekstur, aroma, rasa dan warna secara urut yaitu 3,10; 3,13; 3,18; 3,13.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/660/051904391
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 543 Analytical chemistry
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 20 Jul 2020 12:16
Last Modified: 25 Oct 2021 05:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170834
[thumbnail of Yohanes Ricky Dwi Setiawan.pdf]
Preview
Text
Yohanes Ricky Dwi Setiawan.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item