Analisis Perubahan Garis Pantai Di Pantai Cacalan, Banyuwangi, Jawa Timur Dengan Metode Numerik

Saikhun, Kamay Saifudin (2019) Analisis Perubahan Garis Pantai Di Pantai Cacalan, Banyuwangi, Jawa Timur Dengan Metode Numerik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pantai Cacalan merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Kabupatan Banyuwangi. Pantai Cacalan memang tidak sepopuler pantai lain yang ada di Banyuwangi. Pantai Cacalan memiliki garis pantai memanjang sekitar 1,2 km. Pantai Cacalan memiliki hamparan pasir hitam ke abu-abuan dan memiliki ombak yang relatif kecil. Garis pantai adalah daerah perbatasan antara daratan dan lautan. Garis pantai merupakan daerah yang masih dipengaruhi oleh pasang surut, baik pasang tertinggi dan surut terrendah Ada dua macam perubahan garis pantai yang pertama garis pantai mengalami kemunduran hal ini biasanya disebut dengan abrasi. Sedangkan apabila garis pantai semakin menjorok kelautan disebut dengan sedimentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan garis pantai dan karakteristik sedimen yang ada di Pantai Cacalan, Banyuwangi. Penelitian Analisis Perubahan Pantai di Pantai Cacalan, Banyuwangi akan mengunakan metode numerik dengan rumus CERC (Coastal Engineering Research Center). Ada dua data yang akan digunakan dalam penelitian ini yang pertama ialah data primer berupa tracking garis pantai, mengukur kemiringan pantai, pengambilan sedimen dan pengambilan data gelombang. Sedangkan data sekunder didapatkan dari pengambilan citra garis pantai yang terdahulu oleh Google Earth dan data pasang surut dari PT. Pelabuhan Indonesia III Tanjung Wangi. Perubahan garis pantai di Pantai Cacalan, Banyuwangi yang telah dilakukan dari dua metode yang berbeda yaitu melalui citra satelit dan perhitungan numerik dengan rumus CERC. Perubahan garis pantai Cacalan pada tahun 2011 sampai 2014 terjadi abrasi dengan nilai perubahan sebesar - 5,58 meter atau -1,86 meter per tahun, begitu juga pada tahun 2014 sampai 2018 Pantai Cacalan mengalami abrasi dengan nilai perubahan sebesar -12,22 meter atau -3,05 meter per tahun. Sedangkan selama tahun 2011 sampai 2018 terjadi abrasi dengan nilai perubahan sebesar -18,11 atau -2,59 meter per tahun. Hasil perhitungan numerik dengan rumus CERC garis pantai Cacalan mengalami abrasi pada 1 tahun mendatang dengan nilai -2.25 meter pertahun.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/741/051904472
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 551 Geology, hydrology, meteorology > 551.4 Geomorphology and hydrosphere > 551.45 Plane and coastal regions > 551.458 Shorelines
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 20 Jul 2020 12:11
Last Modified: 25 Oct 2021 02:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170826
[thumbnail of Kamay Saifudin Saikhun.pdf]
Preview
Text
Kamay Saifudin Saikhun.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item