Hubungan Parameter Oseanografi Terhadap Produksi Hasil Tangkapan Ikan Tongkol (Euthynnus Affinis) Di Perairan Prigi Trenggalek (Study Kasus Nelayan Kapal Purse Seine)

Wahyudi, Irwan (2019) Hubungan Parameter Oseanografi Terhadap Produksi Hasil Tangkapan Ikan Tongkol (Euthynnus Affinis) Di Perairan Prigi Trenggalek (Study Kasus Nelayan Kapal Purse Seine). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Berdasarkan WPP-RI 573 perairan Jawa Timur merupakan yang menarik untuk dikaji karena perairan ini memiliki potensi perikanan yang tinggi. Salah satunya adalah Kabupaten Trenggalek yang terpusat Di PPN Prigi. Perkembangan zaman diikuti dengan teknologi yang mendukung dalam kegiatan perikanan. Informasi mengenai Daerah Penangkapan Ikan dan Daerah Potensi Penangkapan Ikan sangat diperlukan demi kelancaran kegiatan usaha perikanan tangkap yang tidak lepas dengan pengaruh Oseanografi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan parameter oseanografi yang berpengaruh terhadap Daerah Penangkapan Ikan. Waktu pelaksanaan pada bulan April-Agustus 2018 di perairan Prigi Trenggalek. Titik lokasi Daerah Penangkapan Ikan disesuaikan dengan informasi dari nelayan Purse seine yang melakukan kegiatan penangkapan di Laut. Pengambilan data parameter oseanografi menggunakan alat pemeruman CTD SBE-28 dan data titik koordinat menggunakan GPS. Tahap selanjutnya pengolahan data CTD dan titik lokasi penangkapan dilengkapi peta SPL, CHL-a. Tahap selanjutnya analisis korelasi dan regresi linier untuk mengetahui hubungan antara parameter oseanografi dan data hasil tangkapan ikan. Hasil yang diperoleh berupa data primer SPL, Salinitas dan Data Perikanan Tangkap yang di hubungkan dengan data sekunder oseanografi. Parameter yang berpengaruh adalah SPL dengan nilai rata-rata 22-300C yang berbanding terbalik dan signifikan terhadap hasil tangkapan ikan. Rata-rata hasil tangkapan ikan yang diperoleh berkisar 200-7000 kg dengan jenis ikan tongkol lisong. Dapat disimpulkan bahwa titik lokasi Daerah Penangkapan Ikan yang dilakukan oleh nelayan Kapal Purse Seine SB JAYA cukup cocok.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/733/051904464
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing > 639.27 Fishing for specific kinds of fishes > 639.277 83 Fishing for specific kinds of fishes (Tunas)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 26 Oct 2020 05:28
Last Modified: 25 Oct 2021 02:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170794
[thumbnail of Irwan Wahyudi.pdf]
Preview
Text
Irwan Wahyudi.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item