Karakteristik Fisika-Kimia Tepung Instan Daun Mangrove Lindur (Bruguiera gymnorrhiza) yang Difermentasi Kapang Trichoderma viride dan Penambahan Gum Arab yang Berbeda

Pangestu, Benarivo Hasti (2019) Karakteristik Fisika-Kimia Tepung Instan Daun Mangrove Lindur (Bruguiera gymnorrhiza) yang Difermentasi Kapang Trichoderma viride dan Penambahan Gum Arab yang Berbeda. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Mangrove Bruguiera gymnorrhiza memiliki sebaran yang merata dihampir seluruh pesisir pulau Indonesia. Mangrove bruguiera gymnorrhiza mempunyai daun yang lebar dan oval. Daun mangrove Bruguiera gymnorrhiza menandung senyawa metabolit sekunder yaitu fenol, saponin, tanin. Tingginya kadar yang terkandung pada daun Bruguiera gymnorrhiza menyebabkan kandungan daun tidak dapat dikonsumsi oleh manusia. Salah satu teknologi yang paling umum digunakan adalah pemecahan senyawa kompleks suatu bahan dengan proses fermentasi. Salah satu starter yang dapat digunakan dalam proses fermentasi tepung daun mangrove adalah kapang Trichoderma viride. Senyawa yang telah dihasilkan dari proses fermentasi cukup rentan terhadap pengaruh lingkungan sehingga diperlukannya suatu rekayasa proses guna untuk melindungi senyawa yang terkandung. Dengan penambahan filler ini, produk dapat menambah rendemen dan melindungi kandungannya dari pengaruh lingkungan yang tidak diinginkan seperti suhu, gesekan dan tekanan yang tinggi selama proses. Salah satu metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pengeringan kering (Spray drying). Bahan filler yang digunakan pada penelitian ini yaitu Gum arab. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh penambahan Gum arab terhadap karakteristik fisika-kimia tepung instan daun mangrove Bruguiera gymnorrhiza yang difermentasi Trichoderma viride dan penambahan gum arab yang berbeda menggunakan metode spray drying. Panelitian ini dilakukan pada bulan Januari sampai April 2019 di Laboratorium Ilmu Teknologi Hasil Perikanan Divisi Keamanan Hasil Perikanan dan Laboratorium Nutrisi dan Pakan Ikan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Universitas Brawijaya, Malang. Laboratorium Gizi Departemen Gizi Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga Surabaya. Laboratorium Biosains Universitas Brawijaya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen menggunakan rancangan pecobaan RAL sederhana dengan tiga perlakuan dan enam ulangan dengan faktor penggunaan konsentrasi bahan filler Gum arab (15%, 20%, 25%). Filler tepung instan daun mangrove Bruguiera gymnorrhiza dihitung rendemennya dan dilakukan pengujian meliputi uji kadar tanin, serat kasar, ukuran partikel, kadar air, nilai pH. Dari penelitian mengenai penggunaan bahan Gum arab dengan konsentrasi yang berbeda (15%, 20%, 25%) berpengaruh nyata terhadap kadar tanin, serat kasar, kadar air, nilai pH, ukuran partikel dan rendemen. Penentuan perlakuan terbaik dilakukan menggunakan metode DeGarmo. Didapatkan karakteristik perlakuan terbaik pada konsentrasi Gum arab 25% dengan efisiensi nilai hasil (NH) tertinggi 0,27. Adapun hasil parameter uji lainnya yaitu tanin 3,23%, serat kasar 1,22%, pH 6,53%, ukuran partikel 50,34%, kadar air 4,17%, dan rendemen 26,11%.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/558/051904125
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 543 Analytical chemistry
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Teknologi Hasil Perikanan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 20 Jul 2020 12:01
Last Modified: 31 Jul 2020 05:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170769
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item