Pengaruh Penambahan Gum Arab Dan Maltodekstrin Terhadap Sifat Fisikokimia Serbuk Albumin Ikan Gabus (Channa Striata) Dengan Metode Vacuum Drying

Rasyid, Raditya Pinandita (2019) Pengaruh Penambahan Gum Arab Dan Maltodekstrin Terhadap Sifat Fisikokimia Serbuk Albumin Ikan Gabus (Channa Striata) Dengan Metode Vacuum Drying. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ikan gabus merupakan salah satu jenis ikan yang bernilai ekonomis yang digemari masyarakat karena mempunyai tekstur daging yang putih dan tebal, serta cita rasa yang khas. Albumin yang memiliki peran sedemikian besar, sampai saat ini masih impor dalam bentuk Human Serum Albumin (HSA) yang harganya sangat mahal. Untuk memperoleh crude albumin ikan gabus, dapat dilakukan dengan pengukusan ataupun ekstraktor vakum untuk memperoleh rendemen dan kualitas yang lebih baik. Untuk mendapatkan serbuk albumin yang bermutu bagus diperlukan konsentrasi bahan penyalut yang tepat. Penambahan bahan penyalut gum arab dan maltodekstrin diharapkan bisa menjaga kualitas dari crude albumin yang dikeringkan menjadi serbuk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan gum arab dan maltodekstrin terhadap sifat fisikokimia serbuk albumin ikan gabus dengan metode vacuum drying. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Nutrisi Ikan, dan Laboratorium Penanganan Hasil Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Brawijaya Malang pada bulan Maret – Juli 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Rancangan percobaan dalam penelitian utama adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan menggunakan 5 perlakuan dan 5 kali ulangan. Kemudian untuk data hasil penelitian dianalisa dengan menggunakan ANOVA (Analysis of Variance) untuk mengetahui pengaruh perlakuan terhadap respon parameter yang dilakukan, dengan uji F pada taraf 5% dan jika didapatkan hasil yang berbeda nyata maka dilakukan uji Tukey pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan perlakuan perbedaan konsentrasi bahan penyalut gum arab dan maltodekstrin berpengaruh terhadap kualitas serbuk albumin yang meliputi rendemen, kadar air, kadar protein, kadar abu, daya serap air, dan penilaian organoleptik. Namun tidak berpengaruh terhadap kadar albumin dan kadar lemak. Serbuk albumin ikan gabus terbaik didapatkan pada perlakuan gum arab berbanding maltodekstrin sebanyak 100% : 0% yaitu dengan nilai rendemen 11,71%, kadar albumin 1,98%, kadar air 6,06%, kadar protein 21,33%, kadar lemak 2,76%, kadar abu 1,55%, daya serap air 2,08%, uji skoring warna 4,62 (tidak coklat), dan uji skoring aroma 5,49 (tidak amis). Selain itu dengan kandungan asam amino tertinggi yaitu glutamic acid 0,40%, phenylalanine 0,40%, aspartic acid 0,36%, dan lysine 0,36%, dan asam lemak tertinggi yaitu asam palmitat 23,46% dan asam oleat 15,82%. Saran yang dapat saya berikan terhadap penelitian lanjutan pembuatan serbuk albumin ikan gabus yaitu dengan mencari bahan pengikat lain selain maltodekstrin. Diharapkan dengan perpaduan bahan pengikat lain dengan gum arab dapat menekan biaya produksi dan menghasilkan serbuk albumin ikan gabus dengan mutu yang lebih baik lagi.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/622/051904352
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 543 Analytical chemistry
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 20 Jul 2020 11:57
Last Modified: 28 Mar 2022 02:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170764
[thumbnail of 170764-Raditya Pinandita Rasyid.pdf]
Preview
Text
170764-Raditya Pinandita Rasyid.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item