Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Konsumen pada Pembelian Ikan Bakar di Warung Apung Rahmawati Lamongan

Amalliya, Dina Efian (2019) Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Konsumen pada Pembelian Ikan Bakar di Warung Apung Rahmawati Lamongan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Persaingan dalam dunia bisnis semakin berkembang pesat dikarenakan keinginan dan kebutuhan masyarakat yang semakin besar dan bermacammacam. Maka dari itu, untuk menghadapi persaingan tersebut perusahaan harus menerapkan strategi pemasaran yang baik, salah satunya yaitu dengan menerapkan strategi bauran pemasaran, dimana melalui strategi ini perusahaan mampu mempengaruhi konsumen dengan memperhatikan dan mempertimbangkan empat unsur yaitu produk, harga, tempat dan promosi. Salah satu persaingan yang berkembang pesat yaitu pada usaha rumah makan yang meproduksi ikan bakar, karena ikan mengandung protein, peptida, vitamin dan mineral yang baik bagi kesehatan manusia. Ikan bakar merupakan salah satu jenis makanan yang mudah dijumpai di Lamongan, baik pada warung kecil hingga rumah makan besar. Salah satu rumah makan yang menyediakan ikan bakar adalah Warung Apung Rahmawati Lamongan yang terletak di Jalan Simpang Kusuma Bangsa No.06. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis karakteristik konsumen, pengaruh bauran pemasaran secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian ikan bakar di Warung Apung Rahmawati Lamongan. Penelitian dilaksanakan mulai tanggal 22 Maret-27 Maret 2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif karena digunakan untuk menggambarkan atau mendeskripsikan pandangan-pandangan atas fenomena yang diselidiki dari suatu populasi tertentu. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, menyebarkan kuesioner (angket), observasi dan dokumentasi. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling karena tidak diketahui jumlah populasinya maka dihitung dengan rumus Linier Time Function, sehingga didapatkan sampel sebanyak 50 responden. Variabel penelitian terdiri variabel independen yaitu produk, harga, tempat dan promosi dan variabel dependen yaitu keputusan pembelian. Skala pengukuran dalam penelitian ini menggunakan skala Likert. Uji instrumen data menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dan uji statistik yang meliputi uji koefisien determinasi, uji signifikansi simultasn (uji F) dan uji signifikansi parsial (uji t). Warung Apung Rahmawati Lamongan adalah usaha rumah makan yang didirikan oleh Ibu Hj. Susmiati yang pada awalnya menekuni hobi memasaknya pada tahun 1997 dengan diawali melalui bisnis katering yang di distribusikan di perusahaan sekitar wilayah kota Gresik. Kemudian selang beberapa tahun Ibu Susmiati mendirikan rumah makan menggunakan lahan yang berupa rawa dengan genangan air, spontan Ibu Susmiati memberi nama rumah makannya Warung Apung Rahmawati, dimana sebutan Rahmawati diperoleh Ibu Susmiati ketika menjalankan ibadah Haji. Usaha Warung Apung Rahmawati kemudian melesat popular di Wilayah Gresik, kemudian pada tahun 2003 dibuka cabang Warung Apung Rahmawati di Lamongan yang terletak di Jalan Raya Kusuma Bangsa No.06 Kelurahan Tumenggungan Kecamatan Lamongan Kabupaten Lamongan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik responden di Warung Apung Rahmawati Lamongan mayoritas adalah laki-laki yang berusia 21-30 tahun. Karakteristik berdasarkan status didominasi status sudah menikah dengan tingkat pendidikan terakhir SMA/Sederajat. Karakteristik berdasarkan pekerjaan didominasi oleh pegawai swasta dengan pendapatan per bulan sebesar Rp 2.000.000 – Rp 5.000.000. Hasil analisis regresi linier didapatkan persamaan Y = -1,050 + 0,277 produk - 0,057 harga + 0,337 tempat + 0,544 promosi. Nilai koefisien determinasi yang didapat yaitu sebesar 0,439, hal ini menunjukkan bahwa variabel keputusan pembelian (Y) mampu dijelaskan oleh variabel-variabel dalam bauran pemasaran yang meliputi produk (X1), harga (X2), tempat (X3) dan promosi (X4) sebesar 43,9% dan sisanya (100% - 43,9% = 56,1%) dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti. Pada uji signifikansi simultan (uji F) didapatkan nilai F-hitung sebesar 10,580 yang lebih besar dari F-tabel yaitu 2,58, yang berarti keempat variabel dalam bauran pemasaran tersebut secara simultan memberikan pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen ikan bakar di Warung Apung Rahmawati Lamongan. Sedangkan pada uji signifikansi parsial (uji t) diperoleh hasil variabel produk (X1) sebesar 2,127 dengan signifikansi (0,039 < 0,05) hasil tersebut didukung penelitian pertiwi (2016) dimana produk mempunyai pengaruh yang signifikan karena produk adalah sesuatu yang ditawarkan untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan, tempat (X3) sebesar 2,242 dengan signifikansi (0,030 < 0,05) didukung penelitian Wijaya, et al. (2012) dimana tempat memberikan pengaruh signifikan karena kenyamanan tempat serta fasilitas pendukung di rumah makan menarik konsumen untuk melakukan pembelian dan promosi (X4) sebesar 4,018 dengan signifikansi (0,000 < 0,05) didukung penelitian Pertiwi (2016) bahwa promosi berpengaruh signifikan karena promosi adalah komunikasi yang memberi penjelasan dan meyakinkan calon konsumen mengenai barang dan jasa dengan tujuan untuk meyakinkan konsumen. Sedangkan hasil uji t yang memberikan pengaruh tidak signifikan adalah variabel harga dengan hasil uji t sebesar -0,336 dengan signifikansi (0,738 > 0,05) sesuai dengan penelitian Yuniarti (2016) bahwa harga bukan menjadi alasan dalam keputusan pembelian karena konsumen lebih menekankan kualitas produk yang ditawarkan. Saran untuk pihak Warung Apung Rahmawati Lamongan hendaknya terus mempertahankan strategi promosi melalui media sosial dan cetak serta mengadakan diskon harga pada hari-hari tertentu agar menambah jumlah konsumen baru dan mempertahankan pelanggan tetap. Selain itu pihak Warung Apung juga hendaknya terus mempertahankan kualitas produk terutama cita rasa yang khas dari menu ikan bakar supaya konsumen menjadi pelanggan tetap dan juga pihak Warung Apung tetap menyediakan tempat yang unik dan nyaman untuk menarik perhatian konsumen dan mempertahankan loyalitas konsumen serta semakin banyak konsumen yang melakukan pembelian ikan bakar di Warung Apung Rahmawati Lamongan.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/349/051903873
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:10
Last Modified: 23 Oct 2021 05:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170579
[thumbnail of Dina Efian Amalliya.PDF]
Preview
Other
Dina Efian Amalliya.PDF

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item