Strategi Pengembangan Objek Wisata Pantai Cacalan di Desa Desa Klatak, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Putri, Ulimaz Joko (2019) Strategi Pengembangan Objek Wisata Pantai Cacalan di Desa Desa Klatak, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pantai Cacalan merupakan salah satu objek wisata yang terletak di Desa Klatak, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi. Pantai ini memiliki hamparan pasir hitam dengan pemandangan Selat Bali. Selain itu Pantai Cacalan memiliki ombak yang tidak terlalu besar sehingga aman apabila bermain-main di bibir pantai. Objek wisata Pantai Cacalan mempunyai beberapa fasilitas dan wahana yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui profil objek wisata Pantai Cacalan, menganalisis dan mendeskripsikan faktor eksternal yang meliputi peluang dan ancaman, serta faktor internal yang meliputi kelemahan dan kekuatan yang dapat mempengaruhi pengembangan pariwisata di Pantai Cacalan, dan untuk menganalisis strategi pengembangan objek wisata Pantai Cacalan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Sumber data yang digunakan meliputi data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan metode Sample Linear Time Function dan jumlah responden 42 orang. Sample Linear Time Function dan jumlah responden 42 orang. Metode analisis yang digunakan dalam penelitan ini adalah metode analisis SWOT yaitu dengan mengidentifikasi kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity), dan ancaman (threat). Hasil penelitian menunjukkan bahwa objek wisata Pantai Cacalan merupakan objek wisata yang baru dibenahi setelah Pantai Boom direnovasi sehingga masyarakat mencari objek wisata baru. Fasilitas-fasilitas yang ada di kawasan objek wisata Pantai Cacalan ini yaitu mushola, toilet, food court, area parkir, gazebo, kolam ikan, dan payung pantai. Berdasarkan hasil skoring yang dilakukan terhadap faktor-faktor internal dan eksternal diperoleh nilai koordinat yang berada di kuadran I atau dalam strategi SO. Fokus dalam strategi ini adalah untuk mengoptimalkan kekuatan yang ada dan memanfaatkan peluang yang ada di objek wisata Pantai Cacalan. Faktor internal dan dan faktor eksternal yang dapat mempengaruhi pengembangan pariwisata di Pantai Cacalan yaitu kekuatan: berada di lokasi yang strategis dan mudah dijangkau, pemandangan alam indah dan berhawa sejuk, memiliki ombak yang tidak terlalu besar, dan potensi pariwisata alam yang cukup berkembang meningkatkan perekonomian. Kelemahan: kurangnya minat berkunjung wisatawan mancanegara, kebersihan objek wisata kurang terjaga, wahana dan fasilitas pendukung kurang terawat, dan keterbatasan SDM dalam bidang pariwisata. Sedangkan faktor eksternal peluang: sektor pariwisata semakin diminati masyarakat, menyerap tenaga kerja di daerah sekitar objek wisata, menjadi sumber pendapatan, dan adanya minat masyarakat dalam melakukan pengembangan. Ancaman: persaingan antar objek wisata, terjadinya bencana atau gangguan alam, pengunjung terbanyak hanya pada hari libur, dan perilaku pengunjung yang tidak bertanggung jawab. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu objek wisata Pantai Cacalan harus menerapkan strategi agresif dengan menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang sebesar-besarnya. Strategi agresif yang diperoleh yaitu dengan menggelar festival-festival tahunan, membangun destinasi digital berkonsep kekinian, memproduksi cinderamata khas pantai, dan mempromosikan objek wisata dengan cara influencer marketing. Saran yang dapat diberikan bagi pengelola objek wisata Pantai Cacalan yaitu untuk meningkatkan pemanfaatan teknologi informasi dan bekerja sama dengan pihak swasta di bidang pariwisata, bagi pemerintah (Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi) agar dapat mempertimbangkan strategi pengembangan yang telah dibuat sebagai bahan pertimbangan untuk merumuskan kebijakan terkait di masa mendatang, dan bagi peneliti selanjutnya diharapkan mengembangkan penelitian ini dengan melakukan penelitian yang lebih mendalam mengenai strategi pengembangan lain yang tidak ada di dalam penelitian ini serta dapat bermanfaat bagi pihak lainnya.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/486/051904064
Uncontrolled Keywords: Pariwisata, Strategi, Pengembangan, Wisata Pantai
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.4 Secondary industries and services > 338.47 Services and specific products > 338.479 1 Services and specific products (Geography and travel)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 02 Oct 2019 02:13
Last Modified: 09 Dec 2021 03:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170553
[thumbnail of Ulimaz Joko Putri.pdf]
Preview
Text
Ulimaz Joko Putri.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item