Pengaruh Media Air yang Berbeda (Air Sumur dan Air Zamzam) Terhadap Perkembangan Embrio Ikan Zebra (Brachydanio rerio)

Widisetyanti, Rinentah Asih (2019) Pengaruh Media Air yang Berbeda (Air Sumur dan Air Zamzam) Terhadap Perkembangan Embrio Ikan Zebra (Brachydanio rerio). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Air bersih merupakan salah satu sumberdaya paling penting dan juga merupakan masalah yang dihadapi oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Air bersih yang memenuhi syarat kesehatan harus bebas dari pencemaran agar tidak menimbulkan gangguan kesehatan dan dapat diminum apabila telah dimasak. Salah satu faktor yang sangat penting dalam menentukan mutu air yang layak dimanfaatkan adalah kandungan unsur mineral dalam air. Oleh karena itu, diperlukan uji coba untuk melihat pengaruh air bersih terhadap kesehatan melalui hewan perobaan yaitu ikan zebra (Brachydanio rerio) . Air sumur merupakan air yang sering digunakan dalam kegiatan budidaya ikan. Sedangkan air zamzam memiliki elemen mineral yang cukup banyak. Untuk mengetahui media air yang sesuai, diperlukan penelitian untuk melihat pengaruhnya terhadap perkembangan embrio ikan. Ikan zebra (Brachyadanio rerio) cocok digunakan sebagai model penelitian karena proses pembiakannya cepat, dalam sekali pemijahan induk ikan zebra dapat menghasilkan 200-500 embrio, setelah fertilisasi terjadi perkembangan yang sangat cepat, yaitu dari embrio ke larva yang hanya membutuhkan waktu tiga hari, memiliki kesamaan gen dengan manusia sampai 75%. Penelitian ini dimulai pada bulan Januari-Maret 2019 di Laboratorium Sentral Ilmu Hayati, Universitas Brawijaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, sedangkan analisa statistik menggunakan one wayanova dan dilanjutkan dengan Uji Tukey.Hasil penelitian menunjukkan perkembangan embrio ikan zebra (Brachydanio rerio) dengan pemberian konsentrasi dengan media air sumur mengakibatkan abnormalitas terhadap bentuk tubuh embrio ikan, sedangkan pada media air zamzam tidak memberikan efek teratogenik. Hasil analisis menunjukkan adanya pengaruh yang berbeda nyata (p<0,05) terhadap detak jantung, daya tetas, mortalitas dan survival rate pada embrio ikan zebra. Penelitian lebih lanjut harus memperhatikan kualitas induk yang akan digunakan, sehingga embrio yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik dan tidak mempengaruhi hasil penelitian yang sedang dilakukan, serta perlu penelitian dengan membahas secara lebih menyeluruh dari embrio ikan zebra.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/340/051903837
Uncontrolled Keywords: Ikan Zebra, Brachydanio rerio, Media Air, Air Sumur, Air Zamzam, Perkembangan Embrio
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 597 Cold-blooded vertebrates > 597.4 Miscellaneous superorders of Actinopterygii > 597.48 Cypriniformes > 597.482 Cyprinidae (Carp family)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 13 Sep 2019 02:28
Last Modified: 23 Oct 2021 05:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170547
[thumbnail of Rinentah Asih Widisetyanti.pdf]
Preview
Text
Rinentah Asih Widisetyanti.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item