Analisis Kelayakan Tambak Ditinjau Dari Segi Fisika Kimia Air Dan Tanah Di Desa Padeg Dan Semampir, Kabupaten Gresik

Alvava, Ervinna Pristianti (2019) Analisis Kelayakan Tambak Ditinjau Dari Segi Fisika Kimia Air Dan Tanah Di Desa Padeg Dan Semampir, Kabupaten Gresik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tambak merupakan salah satu jenis habitat yang dipergunakan sebagai tempat untuk kegiatan budidaya air payau yang berlokasi didaerah pesisir. Budidaya tambak merupakan kegiatan pemeliharaan guna untuk menumbuhkan serta meningkatkan mutu biota akuatik di dalam suatu kolam. Agar dapat diperoleh suatu hasil yang optimal maka perlu disiapkan suatu kondisi tertentu yang sesuai bagi komoditas yang akan dipelihara. Kualitas air dapat diketahui berdasarkan parameter-parameter fisika dan kimia yang dapat diukur. Parameter-parameter tersebut memiliki karakteristik dan standar masing-masing yang dapat mengklasifikasikan perairan tersebut dapat dikatakan baik atau bahkan buruk. Kualitas tanah adalah kapasitas tanah yang berfungsi mempertahankan dan menjaga ketersediaan air serta mendukung kegiatan manusia. Kualitas tanah yang baik akan mendukung kerja fungsi tanah unuk mengatur dan membagi aliran air dan menyangga lingkungan yang baik pula. Kualitas tanah sangat erat hubungannya dengan lingkungan yaitu tanah tidak hanya dipandang sebagai produk transformasi mineral, bahan organik, tetapi dipandang secara menyeluruh yaitu mencakup fungsi-fungsi lingkungan dan kesehatan. Tujuan dari penelitian mengenai analisis kelayakan tambak ditinjau dari segi fisika kimia air dan tanah adalah untuk mengetahui kondisi tambak dilihat dari segi fisika kimia air dan tanah di Desa Padeg dan Semampir dan mengetahui status kelayakan di tambak Desa Padeg dan Semampir, Kabupaten Gresik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. metode deskriptif yang bermaksud untuk membuat gambaran mengenai situasi kejadia-kejadian. Penelitian deskriptif adalah sebuah penelitian yang bertujuan untuk memberikan atau menjabarkan suatu keadaan atau fenomena yang terjadi saat ini dengan menggunakan prosedur ilmiah untuk menjawab masalah secara aktual. Berdaarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan yaitu: Tambak dilihat dari kualitas fisika kimia air di Desa Padeg pada kawasan A (daerah pemukian, industry dan pertanian) dan B (daerah pertanian dan pemukiman) berdasarkan penilaian Water Quality Index termasuk dalam kategori sedang. Dengan nilai Water Quality Index Desa Padeg sebesar 34,2077 pada kawasan A dan 31,5780 pada kawasan B. Begitupula dengan kecamatan Semampir pada kawasan A dan B berdasarkan penilaian Water Quality Index termasuk dalam kategori Sedang. Dengan nilai Water Quality Index Desa Semampir sebesar 39,9138 pada kawasan A dan 45,8384 pada kawasan B. Dan Tambak dilihat dari kualitas fisika kimia tanah di Desa Padeg pada kawasan A dan B berdasarkan penilaian Soil Quality Index termasuk dalam kategori Sedang. Dengan nilai Soil Quality Index Desa Padeg sebesar 39,5378 pada kawasan A dan 47,3128 pada kawasan B. Begitupula dengan kecamatan Semampir pada kawasan A dan B berdasarkan penilaian Soil Quality Index termasuk dalam kategori Sedang. Dengan nilai Soil Quality Index Desa Semampitr sebesar 44,5914 pada kawasan A dan 48,5519 pada kawasan B.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/591/051904180
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 300 Social sciences > 333 Economics of land and energy > 333.7 Land, recreational and wilderness areas, energy > 333.73 Land > 333.731 General topics of land > 333.731 6 Soil and water conservation
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 20 Jul 2020 07:34
Last Modified: 16 Aug 2020 02:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170494
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item