Strategi Penggalangan Dana Pada Gerakan #RioHaryantoF1 di Media Sosial Twitter Sebagai Gerakan Sosial Baru

Burrahim, Ragah Inujaya (2019) Strategi Penggalangan Dana Pada Gerakan #RioHaryantoF1 di Media Sosial Twitter Sebagai Gerakan Sosial Baru. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Gerakan penggalangan dana bagi Rio Haryanto adalah gerakan yang dilakukan oleh akun @SahabatRio pada media sosial Twitter yang dinamakan dengan gerakan #RioHaryantoF1. Gerakan terjadi akibat Rio yang mempunyai kesempatan untuk menjadi pembalap pertama asal Indonesia yang berlaga pada ajang Formula1 namun terkendala masalah dana. Sedangkan belum ada bantuan dari Pemerintah Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa saja yang terjadi ketika gerakan dilakukan pada media sosial Twitter. Konsep yang digunakan yaitu konsep gerakan sosial baru dan unit analisis menggunakan paradigma mobilisasi sumberdaya milik McCarthy. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data yaitu pengumpulan data melalui dokumen. Data primer yang digunakan pada penelitian ini adalah data hasil pencarian menggunakan software R Studio yang didapatkan dari media sosial Twitter dengan fokus akun @SahabatRio sebagai penggagas gerakan Hasil dari penelitian ini adalah terdapat beberapa strategi yang dilakukan seperti penyebarluasan informasi gerakan, mengajak masyarakat untuk berkontribusi, membawa nama negara maupun kota asal Rio, memanfaatkan hari penting nasional, menjelaskan mengapa harus mendukung Rio, lalu gerakan yang mulanya berawal dari online pada media sosial Twitter juga disertai dengan gerakan offline seperti mendatangi kementerian, mengadakan gathering ‘gokart fun race’, dan pembagian stiker pada car free day di Kota Solo. Gerakan menjadi lehih mapan setelah adanya jaringan terhadap pemilik otoritas yaitu pemerintah yang dihasilkan dari adanya usaha komunikasi yang dilakukan oleh aktor-aktor gerakan pada media sosial Twitter.

English Abstract

Fundraising movement for Rio Haryanto is a movement which is performed by a @SahabatRio account on Twitter, named #RioHaryantoF1 movement. The main reason this movement done is because Rio Haryanto has the opportunity to become the first racer from Indonesia to compete in Formula1but constrained by funding problems, meanwhile he still isn’t receviving any sponsor from Indonesian Government. This study aimed to find out the strategy that occurred when the movement carried out by @SahabatRio Twitter account. This study used the concept of new social movement and used McCarthy’s resource mobilization paradigm as it’s analysis unit. This study also used descriptive qualitative as it’s method and the technique of collecting data through the documents. The primary data that used in this study is a result data from R studio software from Twitter that focused on @SahabatRio Twitter account as the movement initiator. The result of this study showed that there were some strategy found, such as spread the news about the movement, persuaded the community to contribute, carried the country’s name or Rio’s city origin, explain about why the community should support Rio, then the movement that originally started on social media (Twitter) was also followed with offline movement, such as visited various ministry offices, held gathering of ‘gokart fun race’, and distributed stickers on the car free day in Solo City. The movement became well-established after the network of authority owners, namely the government, which resulted from communication efforts carried by the movement’s actors on Twitter.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/457/051904145
Uncontrolled Keywords: Gerakan sosial baru, Sosial media, Strategi New Social Movement, social media, strategy
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.7 Multimedia systems > 006.75 Specific types of multimedia systems > 006.754 Online social networks
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 20 Jul 2020 06:23
Last Modified: 20 Jul 2020 06:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170362
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item