Relational Dialectics Pada Relationship Di Keluarga (Studi Komunikasi Keluarga Mengenai Ketegangan Hubungan Antara Kakak-Beradik Dari Keluarga Yang Bercerai Dengan Pendekatan Fenomenologi)

Thialhoveqi, Nada (2019) Relational Dialectics Pada Relationship Di Keluarga (Studi Komunikasi Keluarga Mengenai Ketegangan Hubungan Antara Kakak-Beradik Dari Keluarga Yang Bercerai Dengan Pendekatan Fenomenologi). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Keluarga merupakan sistem terkecil di masyarakat yang di dalamnya terdapat interaksi antar anggota keluarga seperti antara ibu-anak, bapak-anak, suami-istri, ataupun saudara-saudara. Kini perceraian untuk orang tua memilki menjadi semakin umum dalam bebebrapa dekade terakhir. Pola komunkasi menjadi fokus utama dalam penelitian perceraian, meskipun banyak penelitian mengemukakakn aspek-aspek komunikasi seperti komunikasi konflik orang tua tentu berdampak pada komunikasi dan penyesuaian keturunan. Kakak-beradik adalah perlengkapan dalam keluarga anak-anak dan remaja, dan banyak peran dari kakak-beradik dalam sehari-hari untuk satu sama lain, seperti sahabat, orang kepercayaan, dan fokus perbandingan social. Hubungan kakak-beradik dapat dilihat dari hubungan komunikasi mereka, hubungan komunikasi kakak-beradik dari keluarga yang bercerai mengandung ketegangan dalam komunikasi yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kajian komunikasi keluarga yang menjelaskan keluarga sebagai small group yang di dalamnya ada interaksi antar anggota, dan penelitian ini berfokus pada interaksi ditandai dengan adanya unsur ketegangan dalam komunikasi hubungan kakak-beradik dari keluarga bercerai. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis fenomenologi untuk mengetahui berdasarkan pengalaman kakak-beradik dari keluarga bercerai dan menggunakan sudut pandang Dialektika Relasional. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya dilaketika atau ketegangan komunikasi antara kakak-beradik dari keluarga bercerai, hal ini terlihat dari setiap keluarga ini memiliki yang berbeda-beda dari kondisi centripental-centrifugal. Selain itu komunikasi kakak-beradik dari keluarga bercerai juga menjadikan interaksi antara individu satu dengan lainnya selalu melibatkan pertentangan dalam masing-masing individu tersebut yakni isu antara keinginan untuk terbuka—tertutup (openess— closedness), kebebasan— keterikatan (autonomy—connection) dan kestabilan— kedinamisan (predictability—novelty).

English Abstract

Family is the remote system in a society which there is an interaction between family members such as between mother-child, father-son, husband and wife, or siblings. Now divorce has become more common in the last few decades, communication patterns being main focus on this research, despite many research that showed communication aspect such as parent conflict communication certainly has an impact on communication and descendant adjustments, sibling is a component in the family of children and adolescents, and many roles of siblings in daily life for each other, such as friends, trusted one, and social comparison focus. The siblings' relationship can be seen from their communication, the communication between siblings from the divorced family has tensions in the communication made. This study aims to determine the family communication study that explains the family as a small group in which there is an interaction between members, and this study focuses on interactions marked by an element of tension in the communication of relations between siblings from divorced families. The research method used is a phenomenological analysis to find out based on the experience of divorced families and use the perspective of Relational Dialectics. The results of the study show that when there is dialectic or communication tension between siblings from divorced families, this can be seen from each of these families having different centripetal-centrifugal conditions. other than that, communication between siblings from divorced families also makes the interaction between individuals with others always involve conflicts in each individual, the issue is the desire to be open-closed (openness), freedom - attachment (autonomyconnection) and stability —Dictionary (predictability — novelty).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/324/051903721
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Keluagra, Sibling, Dialektika Relasional, Keluarga Bercerai Family Communication, Sibling, Relational Dialectics, Divorce Family
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.1 General topics of social interaction > 302.14 Social participation
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 20 Jul 2020 07:00
Last Modified: 10 Apr 2023 05:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170285
[thumbnail of Nada Thialhoveqi (2).pdf] Text
Nada Thialhoveqi (2).pdf

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item