Perilaku Profesional Akuntan Publik Sebagai Auditor Dalam Perspektif Etika Kerja Islam (Studi Pada Auditor Di Kantor Akuntan Publik S&L Kota Malang)

Darmawan, Arky (2019) Perilaku Profesional Akuntan Publik Sebagai Auditor Dalam Perspektif Etika Kerja Islam (Studi Pada Auditor Di Kantor Akuntan Publik S&L Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk bendeskripsikan perilaku profesional akuntan publik sebagai auditor dalam perspekti Etika kerja Islam. Dalam penelitian ini, peneliti mencoba untuk mendeskripsikan bagaimanakah auditor berperilaku secara proesional dalam menjalankan profesinya dan menghadapi situasi yang mengancam kode etik di lapang. Selanjutnya peneliti menjelaskan perilaku profesional auditor dalam konteks etika kerja Islam seperti kejujuran , keadilan, dan kebenaran. Metode yang digunakan untuk meneliti pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik analisis data interaktif. Dalam konteks etika kejujuran, auditor bersikap tebuka dan apa adanya, menepati perjanjian, serta menolak segala jenis pemberian yang tidak jelas asal usulnya. Perilaku auditor dalam pespektif kebenaran ditujukan dengan selalu menggunakan aturan sebagai landasan dalam bertindak dan perperilaku. Dalam konteks etika keadilan, auditor tidak membeda-bedakan perlakuan yang diberikan kepada klien dan mendistribusikan hak-hak klien secara utuh.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FEB/2019/266/051903683
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting > 657.4 Specific fields of accounting > 657.45 Auditing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 Oct 2019 02:04
Last Modified: 25 Oct 2019 02:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170220
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item