Evaluasi Kebijakan Bus Rapid Transit (BRT) Dalam Mengatasi Permasalahan Transportasi Massal di Kabupaten Sidoarjo Tahun 2015-2018

Faizah, Novia Auliatul (2019) Evaluasi Kebijakan Bus Rapid Transit (BRT) Dalam Mengatasi Permasalahan Transportasi Massal di Kabupaten Sidoarjo Tahun 2015-2018. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

BRT Trans Sidoarjo merupakan salah satu bagian dari program penerapan Bus Rapid Transit (BRT) di Indonesia. Bus Trans Sidoarjo resmi di buka pada tanggal 21 September 2015. BRT Trans sidoarjo merupakan sebuah sistem transportasi bus cepat, murah dan ber-AC di seputar Kota Sidoarjo. BRT Trans Sidoarjo merupakan salah satu bagian dari program penerapan Bus Rapid Transit (BRT) yang merupakan bus bantuan dari Kementrian Perhubungan yang diberikan kepada Dinas Perhubungan Kabupaten Sidoarjo. Sasaran utama Bus Trans Sidoarjo adalah seluruh kalangan masyarakat Sidoarjo baik pengguna kendaraan pribadi maupun tidak, Bus Trans Sidoarjo juga diharapkan bisa mengurangi kemacetan terutama di jam berangkat dan pulang kerja. BRT Trans Sidoarjo ini adalah sebuah upaya Pemerintah Sidoarjo untuk meningkatkan pelayanan publik khususnya pada sektor transportasi darat di kawasan perkotaan. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana kebijakan Bus Trans Sidoarjo telah mengatasi permasalahan transportasi di Kabupaten Sidoarjo. Fokus penelitian ini menggunakan Teori Evaluasi Kebijakan William N. Dunn yang terdapat 6 kriteria yakni efektivitas, efisiensi, kecukupan, pemerataan, responsivitas, ketetapan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian secara umum yaitu program BRT yang telah berjalan selama kurang lebih 3 tahun ini sudah berjalan cukup baik dan tujuan program tercapai secara bertahap namun terdapat permasalahan yang harus dicari jalan penyelesaiannya yaitu masih minimnya jumlah penumpang dari kalangan masyarakat hal ini dikarenakan masih ada masyarakat yang tidak tahu bahwa BRT merupakan transportasi massal, untuk penambahan rute trayek BRT yang tidak melewati rute kota akibat berbentrokan dengan angkutan kota yang ada padahal masyarakat lebih ramai di daerah kota tersebut dan masalah yang terakhir yaitu adanya keterlambatan kedatangan Bus.

English Abstract

BRT Trans Sidoarjo is one part of the Bus Rapid Transit programs in Indonesia. The BRT Trans Sidoarjo officialy was opened in September 21, 2015. BRT Trans Sidoarjo are quickly, cheap and air-conditioned. BRT Trans Sidoarjo is one part of the programs Bus Rapid Transit (BRT). It is given from ministry of transportation to Sidoarjo district transportation departement. The main target of BRT Trans Sidoarjo is a whole communities in Sidoarjo and users of private vehicles. The Trans Sidoarjo is also expected to reduce traffic jam especially in busy times. Is government of Sidoarjo efforts to improve public services in particular transport sector. The purpose of this research describes that how policy BRT Trans Sidoarjo have attended to the transportation problems in the Sidoarjo. Focus those are research is using the theory policy evaluation of William N. Dunn. That is 6 criteria, effectiveness, efficiency, adequacy, equity, responsiveness, the decision. The kind of research is used desriptive qualitative. The result of research is BRT which has been running more and less 3 years has run well it is a achieved gradually but there are many problems so we have to find a solution those are the lack of passengers from among the community because people who did not know that BRT is mass transportation, for additional routes of BRT are not passing the city. Colliding transport city actually in city people is crowded last problem is delayed of the bus

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/425/051903850
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Kinerja, Bus Rapid Transit, Trans Sidoarjo. Evaluation, Performance, Bus Rapid Transit, Trans Sidoarjo.
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government) > 320.6 Policy making
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 20 Jul 2020 07:25
Last Modified: 31 Jul 2020 04:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170219
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item