Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penyerapan Tenaga Kerja Pada Industri Kecil Di Kota Blitar (Studi Kasus Pada Industri Kecil Kendang Jimbe)

Mastuti, Christine Dewi Putri (2019) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penyerapan Tenaga Kerja Pada Industri Kecil Di Kota Blitar (Studi Kasus Pada Industri Kecil Kendang Jimbe). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penyerapan tenaga kerja merupakan banyaknya jumlah tenaga kerja yang terserap atau bekerja pada suatu usaha atau perusahaan. Peningkatan penyerapan tenaga kerja akan berpengaruh terhadap modal awal, permintaan, upah total, lama usaha dan usia pemilik usaha. Penulisan ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh dari modal awal, permintaan, upah total, lama usaha dan usia pemilik usaha terhadap penyerapan tenaga kerja. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda pada data cross section dengan menggunakan eviews 9 untuk menentukan pengaruh variabel independen dengan variabel dependen. Langkah pertama dalam melakukan regresi adalah dengan menguji memalui uji asumsi klasik, diantaranya adalah uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas serta melakukan pengujian statistika analisis regresi. Hasil dari hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini, kelima variabel berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen. Variabel modal awal berpengaruh signifikan dan positif terhadap penyerapan tenaga kerja di industri kecil menengah Kendang Jimbe di Kota Blitar, variabel permintaan berpengaruh signifikan dan positif terhadap penyerapan tenaga kerja di industri kecil menengah Kendang Jimbe di Kota Blitar, variabel upah total berpengaruh signifikan dan positif terhadap penyerapan tenaga kerja di industri kecil menengah Kendang Jimbe di Kota Blitar, variabel lama usaha berpengaruh signifikan dan positif terhadap penyerapan tenaga kerja di industri kecil menengah Kendang Jimbe di Kota Blitar, dan variabel usia berpengaruh signifikan dan positif terhadap penyerapan tenaga kerja di industri kecil menengah Kendang Jimbe di Kota Blitar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FEB/2019/236/051903631
Uncontrolled Keywords: Penyerapan Tenaga Kerja, Modal Awal, Permintaan, Upah Total, Lama Usaha, Usia
Subjects: 300 Social sciences > 331 Labor economics > 331.1 Labor force and market > 331.11 Labor force
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 Aug 2019 07:37
Last Modified: 30 Aug 2019 07:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170166
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item