Penggambaran Tradisionalitas Korea Selatan dalam Kampanye Imagine Your Korea di Youtube Tahun 2016 hingga 2018

Gunadi, Revanda Audyna (2019) Penggambaran Tradisionalitas Korea Selatan dalam Kampanye Imagine Your Korea di Youtube Tahun 2016 hingga 2018. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Saat ini kebudayaan di Korea Selatan telah menyebar di seluruh dunia melalui Korean Wave. Melihat hal tersebut, pemerintah Korea Selatan bekerjasama dengan Korean Tourism Organization, membentuk kampanye pariwisata Imagine Your Korea sebagai usaha destination branding Korea Selatan untuk mempromosikan pariwisata negaranya. Penelitian ini berfokus pada video iklan official pariwisata dari kampanye Imagine Your Korea di Youtube. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penjabaran dari kehidupan tradisional masyarakat Korea Selatan yang ditunjukkan melalui kebiasaan-kebiasaan, bangunan, makanan, dan lain sebagainya. Kajian teori semiotika milik Roland Barthes yang telah digunakan dalam penelitian ini untuk membantu dalam proses pengkajian tanda-tanda serta makna yang terdapat dalam iklan kampanye pariwisata Imagine Your Korea. Dalam teori semiotika Roland Barthes proses analisis data dibagi menjadi two order of signification. Unit data yang dianalisis adalah aspek tanda, teks, visual dan audio yang merepresentasikan kebudayaan tradisional dalam kampanye iklan pariwisata Korea Selatan Imagine Your Korea tahun 2016 sampai dengan tahun 2018 yang berupa screenshoot dalam transkrip yang berbentuk potongan adegan-adegan sejumlah 118 screenshoot. Data-data tersebut akan dikumpulkan dan dipilih untuk dianalisis berdasarkan dengan elemen makna two order of signification, yaitu tahap pertama denotasi dan tahap kedua adalah konotasi. Hasil dari penelitian berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa pada iklan pariwisata, Korea Selatan digambarkan sebagai negara dengan image modern-tradisional. Hal tersebut dikarenakan, dalam beberapa potongan scene, pengambilan gambar berfokus pada kebudayaan tradisional Korea seperti, makanan, bangunan, pakaian, dan lain-lain. Dengan demikian wisata budaya atau heritage tourism yang ditonjolkan pada iklan-iklan official pariwisata Korea Selatan menjadi kekuatan utama destination branding Korea Selatan yang dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung

English Abstract

Currently the South Korean culture has spread around the world through Korean Wave. Seeing that, South Korean government cooperates with Korean Tourism Organization starting to forming up a tourism campaign to promoting the country tourism, called Imagine Your Korea as South Korean destination branding. This research focuses on South Korean official tourism advertisement on Imagine Your Korean campaign in Youtube. This research aimed to find the elaboration between traditional life and Korean people that is shown through habits, building, food and so on. The Roland Barthes semiotics theory is used in this research to help the process of reviewing sign and meaning that contained on advertisement video of Imagine Your Korean tourism campaign. Data units analysis are the aspects of sign, text, visual and audio that can represent Korean traditional culture on South Korean campaign, Imagine Your Korean, in 2016 until 2018. Total 118 screenshoots scene are found. Data will be collected and selected for analysis based on the elements meaning of two order of signification, first stage is denotation and second stage is connotation. Lastly, the result of this research based on data analysis, showed that on tourism advertising, South Korean are described as a country with modern-traditional image. That’s because, in a few scene, the camera focuses on shooting Korean traditional culture such as food, building, clothes, and others. With cultural tourism or heritage tourism being highlighted in South Korean tourism advertisement, heritage become the main force of South Korean destination branding that can attract tourist to visit the country.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/408/051903410
Uncontrolled Keywords: Korea Selatan, Iklan Pariwisata, Kebudayaan Tradisional, Destination Branding. South Korean, Tourism Advertisement, Traditional Culture, Destination Branding.
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.3 Social interaction within groups > 302.302 85 Computer aplications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 17 Jul 2020 10:29
Last Modified: 17 Jul 2020 10:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170161
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item