Jaringan Sosial Tengkulak Dalam Menentukan Harga Produk Pertanian di Desa Ngromo, Kabupaten Pacitan

Widodo, Roni Wahyu (2019) Jaringan Sosial Tengkulak Dalam Menentukan Harga Produk Pertanian di Desa Ngromo, Kabupaten Pacitan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemberian harga produksi pertanian yang dilakukan tengkulak terhadap petani yang menempatkan posisi petani dalam kerugian tentunya tidak asing lagi kita dengar. Hal tersebut terjadi terhadap petani cabai yang ada di Desa Ngromo, Kecamatan Nawangan, Kabupaten Pacitan. Harga yang diberikan para tengkulak kepada petani pada saat musim panen selalu mengalami penurunan harga. Selain itu harga yang diberikan juga tidak sesuai dengan harapan petani ketika dilihat dari kalkulasi biaya produksi dan perawatannya menempatkan posisi petani pada kerugian. Berlandaskan permasalahan tersebut sehinga fokus penelitian ini pada pemanfaatan jaringan sosial antar tengkulak dalam menentukan harga hasil produksi pertanian yang terjadi di Desa Ngromo. Dalam penelitian ini mengunakan metode kualitatif deskriptif sehingga dapat mendeskripsikan jaringan sosial antar tengkulak dalam menentukanharga hasil produksi pertanian di Desa Ngromo. Teori Granovetter mengenai jaringan sosial digunakan untuk menjadi alat analisis. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa jaringan sosial antar tengkulak tersebut dapat menentukan harga produk pertanian. Jaringan sosial yang terbangun dalam menentukan harga produk petanian yaitu antar tengkulak dengan tengkulak, dan tengkulak dengan pembeli yang ada di tempat pendistribusian. Untuk menentukan harga produk pertanian para tengkulak saling memberikan informasi harga beli sebelum melakukan pembelian kepada petani. Para tengkulak juga mendapatkan informasi harga beli dari masing-masing tempat pendistribusian. Adapun alasan petani menjual hasil produk pertaniannya kepada tengkulak dikarenakan para petani tidak memiliki akses dan modal untuk menjualnya sendiri. Selain itu keterikatan petani dengan tengkulak juga terjadi karena beberapa petani mengalami kekurangan modal sehingga untuk dapat melakukan penanaman kembali maka petani harus meminjam modal kepada tengkulak dan nantinya setelah panen para petani harus menjual kepada tengkulak yang memodalinya tersebut.

English Abstract

The pricing of agricultural production by the middleman to the farmers who often place into a loss is a familiar phenomenon for us. This case happens to the chili farmers in Ngromo Village, Ngawangan Subdistrict, Pacitan Regency. The price that the middleman give to the farmer always decrease. Beside, the price they give during the harvest season doesn’t match with what the farmers expect from them that can be seen from the calculation of the production cost and maintenance needs cause the farmers to experience the loses. Based on that problem, this study focus on the use of social networks between the middleman to determine the price of agricukture products in Ngromo Village. This study used the qualitative descriptive method so the writer can describe the social networkd between the middleman to determine the price of the agriculture products in Ngromo Village. This study used the theory from Granovetter abaut the social network as the analytical tool. The result showed that social network between the middleman could determine the price of agriculture products. The social networks that gained to determine the price of agricltural products occurred between the middlema, and between the middleman and the customer in distribution area. To determine the price of agriculturl products, the middleman gave informations about the purchasing price before dealing with the farmer. The middleman also received some informations about the purchasing price in each distribution area. The reason why the farmers sold their agricultural product to the middleman because the farmers didn’t have any access and capital to sell themselves.Other than that, the linkage between the middleman and the farmer occurred because some of those farmers were lack of capitals so the farmers could borrow some capital from the middleman and later after harvest season the farmers had to sell their products to the middleman.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/400/051903402
Uncontrolled Keywords: tengkulak, petani, harga, jaringan sosial, keterikatan middleman, farmers, price, social network, linkage
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.3 Social interaction within groups > 302.302 85 Computer aplications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 09 Aug 2020 08:47
Last Modified: 09 Aug 2020 08:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170133
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item