Aprilia, Karina Hajar (2019) Brand Attitude sebagai mediator antara Sikap terhadap kkotminam sebagai celebrity endorser dan Minat Beli (Studi pada EXO sebagai Celebrity Endorser Nature Republic). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Jaeil, WoongHee, DongTae, dan Paramita (2013) didapatkan bahwa terdapat perbedaan sikap yang ditunjukkan oleh responden perempuan Korea dan Indonesia terhadap celebrity kkotminam. Responden perempuan Indonesia cenderung tidak menyukai tipe laki-laki kkotminam.Nature Republic merupakan merek kosmetik asal Korea yang menggunakan celebrity endorserkkotminam. Hal ini menarik karena ketika sebuah merek yang bukan berasal dari Indonesia dan menggunakan celebrity endorserkkotminamnamun dipasarkan di Indonesia sementara, Indonesia dengan Korea memiliki nilai budaya peran gender (sex role) yang berbeda dalam menilai sosok laki-laki. Adapun sikap seseorang akan dipengaruhi budaya orang tersebut.Berdasarkan penelitian Wang, Kao, dan Ngamsiriudom (2015) apabila sikap konsumen terhadap celebrity endorser yang terbentuk adalah positif, maka akan mempengaruhi sikap merek yang didukung oleh selebriti tersebut dan sikap merek yang positif akan meningkatkan minat beli.Dalam hal ini brand attitude menjadi mediasi dalam hubungan kausal sikap terhadap celebrity endorser dan minat beli. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh tidak langsung sikap terhadap kkotminam sebagai celebrity endorser dan minat beli melalui brand attitude (Studi Pada EXO sebagai Celebrity Endorser Nature Republic).Penelitian ini menggunakan tiga variabel: sikap terhadap kkotminam sebagai celebrity endorser (X),brand attitude (Z), dan minat beli (Y).Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif eksplanatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh tidak langsung sikap terhadap kkotminam sebagai celebrity endorser dan minat beli melalui brand attitude dan ditemukan adanya kecenderungan perbedaan jawaban pada responden laki-laki dan perempuan dalam variabel sikap terhadap kkotminam sebagai celebrity endorser (X) pada indikator preference.
English Abstract
Based on research by Jaeil, WoongHee, DongTae, and Paramita (2013) it was found that there were differences in attitudes shown by Korean and Indonesian female respondents to the kkotminam celebrity. Indonesian female respondents tended not to like kkotminam. Nature Republic is a Korean cosmetics brand that uses celebrity endorser kkotminam. This is interesting because when a brand that is not from Indonesia and uses celebrity endorser kkotminam but is marketed in Indonesia temporarily, Indonesia and Korea have cultural values of gender roles that are different in assessing male figures. The attitude of a person will be influenced by the culture of that person. Based on the research of Wang, Kao, and Ngamsiriudom (2015) if the consumer attitude towards the celebrity endorser formed is positive, it will affect the brand attitude supported by the celebrity and a positive brand attitude will increase purchase intention. In this case, the brand attitude mediates in the causal relationship of attitudes towards celebrity endorsers and purchase intention. The purpose of this study was to determine the indirect effect of attitudes towards kkotminam as a celebrity endorser and buying interest through brand attitude (Study on EXO as a Celebrity Endorser Nature Republic). This study use three variables: attitude towards kkotminam as a celebrity endorser (X), brand attitude ( Z), and buying interest (Y). This research is a explanatory quantitative research. The sample used in this study is 100 respondents. The instrument of this study used a questionnaire and will be analyzed use path analysis. The results of this study indicate that there was an indirect influence on the attitude of Kkotminam as a celebrity endorser and purchase intention through brand attitude and it was found that there was a tendency for differences in answers between male and female respondents in the attitude towards Kkotminam as a celebrity endorser (X) on the preference indicator.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FISIP/2019/398/051903397 |
Uncontrolled Keywords: | Celebrity Endorser, Kkotminam, Nilai Budaya Maskulinitas (Sex Role) Celebrity Endorser, Kkotminam, Masculinity Cultural Value (Sex Role) |
Subjects: | 300 Social sciences > 303 Social Processes > 303.3 Coordination and control > 303.38 Public opinion |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 25 Jul 2020 15:49 |
Last Modified: | 25 Jul 2020 15:49 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170129 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |