Hanif, Ghassan Tsaqafi (2018) Partisipasi Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam Mewujudkan Misi Kota Malang sebagai Kota Pendidikan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Salah satu Tri Bina Cita Kota Malang yaitu mewujudkan Kota Malang sebagai Kota Pendidikan. Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Pendidikan dan satuan pendidikan (SD dan SMP) berperan penuh dalam proses pencapaian misi tersebut. Melalui program pembinaan yang dicanangkan oleh Dinas Pendidikan kepada lembaga dan civitas sekolah yaitu siswa, guru, dan kepala sekolah, maka kolaborasi serta partisipasi aktif seluruh elemen menjadi hal yang sangat penting dalam menjadikan Kota Malang pantas mendapatkan gelar sebagai Kota Pendidikan. Kemudian peneliti memilih fokus pembahasaan tentang “Partisipasi Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam Mewujudkan Misi Kota Malang sebagai Kota Pendidikan”. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui partisipasi Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) baik Negeri maupun Swasta dalam proses perwujudan Kota Malang sebagai Kota Pendidikan. Penelitian ini menggunakan konsep partisipasi Cohen dan Uphoff dengan indikator yaitu Pembuatan Keputusan, Pelaksanaan, Menerima Manfaat, dan Evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses partisipasi sekolah dalam program pembinaan yang dicanangkan oleh Dinas Pendidikan Kota Malang sudah mampu memenuhi indikator dari konsep partisipasi Cohen dan Uphoff. Pertama, SD dan SMP, baik negeri maupun swasta diberikan kesempatan dan wadah untuk berpartisipasi dalam proses perencanaan atau pembuatan keputusan. Kedua, dalam pelaksanannya, semua program pembinaan yang dicanangkan sudah melibatkan seluruh elemen sekolah untuk berpartisipasi. Ketiga, manfaat yang didapatkan dari program pembinaan sudah dirasakan secara langsung maupun tidak langsung, jangka pendek maupun jangka panjang oleh sekolah-sekolah. Keempat, dari segi evaluasi sekolah-sekolah dilibatkan secara penuh untuk memberikan evaluasinya kepada Dinas Pendidikan terkait program pembinaan dalam mewujudkan misi Kota Malang sebagai Kota Pendidikan.
English Abstract
One of the Tri Bina Cita Malang City is to realize Malang City as the City of Education. Local Government, in this case, the Regional Education Office and education units (SD and SMP) play a full role in the process of achieving this mission. Through a coaching program launched by the Regional Education Office which engages institutions and school communities (students, teachers, and principals), collaboration and active participation of all elements are key in making Malang City deserve the title of City of Education. Then the researcher chose to focus the discussion on "Participation in Primary Schools (SD) and Junior High Schools (SMP) in Realizing the Mission of Malang City as a City of Education". This research is done with a qualitative descriptive study, using data collection methods, observation, interviews, and documentation. The purpose of this study is to determine the participation of Elementary Schools (SD) and Junior High Schools (SMP) both public and private in the process of embodying Malang City as a City of Education. This study harnesses the concept of Cohen's and Uphoff's participation using Decision Making, Implementation, Benefit, and Evaluation as the indicators. The results showed that the school participation process is able to demonstrate compliance with the indicators of Cohen's and Uphoff's participation concepts. First, elementary and junior high schools, both public and private are given the opportunity and a space to participate in the planning process or decision making. Secondly, in its implementation, all the coaching programs planned have involved participation from all elements of the school. Third, the benefits obtained from the coaching program have been felt directly or indirectly, short term and long term by schools. Fourth, in terms of evaluation, schools are fully involved in evaluating the Regional Education Office for coaching programs in realizing Malang City's mission as City of Education
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FISIP/2019/169/051902541 |
Uncontrolled Keywords: | Kota Pendidikan, Program Pembinaan, Partisipasi Sekolah, Prestasi Pendidikan City of Education, Coaching Program, School Participation, Achievement of Education |
Subjects: | 300 Social sciences > 371 Schools and their activities; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 21 Jul 2020 02:37 |
Last Modified: | 21 Jul 2020 02:37 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170077 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |