Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Kunjungan Keluarga Narapidana dan Warga Binaan di Rumah Tahanan Negara Klas 1 Medan

Silalahi, Sharon Octanelia Br (2019) Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Kunjungan Keluarga Narapidana dan Warga Binaan di Rumah Tahanan Negara Klas 1 Medan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai upaya Rutan Klas 1 Medan dalam meningkatkan kualitas pelayanan yang bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kualitas pelayanan dengan menggunakan lima dimensi yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty. Objek penelitian ini dilakukan pada Rumah Tahanan Negara Klas 1 Medan. Rumah tahanan negara klas 1 Medan menjadi salah satu penghuni narapidana dan warga binaan terbanyak di Indonesia. Dengan banyaknya jumlah narapidana dan warga binaan maka akan meningkatkan jumlah pengunjung rutan. Permasalahan penelitian ini berfokus pada upaya peningkatan layanan kunjungan yang terkait dengan pelayanan publik pegawai Rutan Klas 1 Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dimana dalam pengambilan data menggunakan wawancara sebagai data primer dan dokumen-dokumen sebagai data sekunder. Terdapat 8 informan dalam penelitian ini dimana 2 informan merupakan aktor penyedia pelayanan dan 6 merupakan pengunjung di Rumah Tahanan Negara Klas 1 Medan. Hasil dalam penelitian ini adalah upaya-upaya yang dilakukan rutan dalam meningkatkan kualitas pelayanan yaitu pelayanan berbasis HAM, pendaftaran online, Ruang khusus ibu menyusui, dan ruangan bebas asap rokok. Hasil penelitian lainnya secara parsial menunjukan bahwa dimensi tangible, responsiveness, dan emphaty berpengaruh positif dan signifikat terhadap kepuasan pengunjung.

English Abstract

This study discusses the efforts of Rutan Klas 1 Medan in improving service quality which aims to find out and analyze service quality by using five dimensions : tangible, reliability, responsiveness, assurance, and empathy. The object of this research was carried out at Rutan Klas 1 Medan. Rutan Klas 1 Medan is one of the most inmates of prisoners and prisoners in Indonesia. With the large number of prisoners and prisoners it will increase the number of visitors to the detention center. The issue of this research focuses on efforts to improve the visiting services associated with public services at Rutan Klas 1 Medan. The method used in this study is descriptive qualitative where in data collection using interviews as primary data and documents as secondary data. There were 8 informants in this study where 2 informants were service provider actors and 6 were visitors at the Rutan Klas 1 Medan. The results in this study are the efforts made by the detention center to improve the quality of services, namely human rights-based services, online registration, special rooms for nursing mothers, and non-smoking rooms. Partial results of other studies indicate that the tangible, responsiveness, and empathy have a positive and significant positive effect on visitor satisfaction.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/161/051902533
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Narapidana,Warga Binaan, Pengunjung, Rutan Klas 1 Medan Service Quality, Prisoners, Guided Citizens, Visitors, Rutan Klas 1 Medan
Subjects: 300 Social sciences > 362 Social problems of and services to groups of people
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 01 Oct 2020 02:06
Last Modified: 01 Oct 2020 02:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170060
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item