Werdhi, Inas Maulana Cahya (2019) Pengaruh Persepsi Harga dan Persepsi Merek Wisatawan Air Terjun Sedudo Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk Terhadap Keputusan Berkunjung. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai pengaruh persepsi konsumen wisata Air Terjun Sedudo Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk Terhadap Keputusan Berkunjung melalui komunikasi pariwisata dan perilaku konsumen yang meliputi persepsi dan keputusan berkunjung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh persepsi konsumen wisata Air Terjun Sedudo Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk Terhadap keputusan berkunjung. Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif eksplanatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan menyebarkan kepada 100 responden dengan kriteria masyarakat Kabupaten Nganjuk yang sudah pernah berkunjung ke Wisata Air Terjun Sedudo. Alat uji instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, dan teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, uji linearitas dan uji multikolinearitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi harga dan persepsi merek berpengaruh positif terhadap keputusan berkunjung wisatawan. Uji instrumen dari penelitian yang terdiri atas uji validitas dan uji realibilitas, hasil yang diperoleh yaitu uji validitas dengan nilai signifikasi lebih besar dari r table yang berarti tiap-tiap item variabel yaitu valid. Pada hasil analisis menggunakan metode regresi berganda, diperoleh nilai t hitung sebesar 5,372 dengan sig. t sebesar 0,000 dengan t tabel sebesar 1,985 sehingga variabel persepsi harga memiliki pengaruh terhadap keputusan berkunjung, sedangkan untuk variabel persepsi merek diperoleh nilai t hitung sebesar 5,876 dengan t tabel sebesar 1,985 sehingga variabel persepsi merek memiliki pengaruh yang positif terhadap keputusan berkunjung dan sesuai dengan hipotesis penelitian bahwa H1 dapat diterima.
English Abstract
This research investigated the effect of price and brand perception on the visitors’ decision to visit the Sedudo waterfall through the tourism communication and visitors’ behavior which included perceptions and visiting decisions. Sedudo waterfall is located in Sawahan District of Nganjuk Regency. This study aimed to determine whether or not the price and brand perception influenced the visitors’ decision to visit Sedudo Waterfall. This research was a quantitative explanative research. The technique of data collection was using questionnaires distributed to 100 respondents who were the visitorof the Sedudo Waterfall from Nganjuk Regency. Questionnaire was tested using Validity and Reliability analysis, and the data was analyzed using Multiple Regression analysis with classical assumptions (Normality test, Heteroscedasticity, Autocorrelation, Linearity and Multicollinearity). The results demonstrated that the price and brand perception had a positive and significant effect on tourists visiting decisions. Validity and Realibility test showed a significance value<α 0.05 and Cronbach's Alpha > 0.6, so the questionnaire was valid and reliable. Furthermore, the result of Multiple Regression analysis on the price perception variables indicate the t statistics value of 5.372 (> t table 1.985) with a significance of 0,000 (<α 0.05), thus, price was proven to have a positive and significant effect on the visiting decisions. In addition, the brand perception variable had a tstatistics of 5.876 (> t table 1.985), thus,the brand perception was also proven to have a positive and significant effect on the visiting decision. In general, the research hypothesis was accepted.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FISIP/2019/150/051902530 |
Uncontrolled Keywords: | Persepsi Harga, Persepsi Merek, dan Keputusan Berkunjung Price perception, Brand perception, and Visiting decision. |
Subjects: | 300 Social sciences > 303 Social Processes > 303.3 Coordination and control > 303.37 Social norms |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 16 Jul 2020 15:17 |
Last Modified: | 16 Jul 2020 15:17 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170052 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |