Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi Oleh Brand Image (Studi Pada Konsumen Produk Olahraga Specs Di Kota Malang)

Sofi, Badrus (2019) Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi Oleh Brand Image (Studi Pada Konsumen Produk Olahraga Specs Di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada konsumen produk olahraga Specs di Kota Malang. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dai variabel independen yaitu celebrity endorsement (X), variabel mediasi brand image (Z) dan variabel dependen yaitu keputusan pembelian (Y). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh celebrity endorsement terhadap keputusan pembelian dengan brand image sebagai variabel mediasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian causal research untuk menjelaskan hubungan atau pengaruh antar variabel yang diteliti. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen produk olahraga Specs di Kota Malang yang berjumlah 130 responden. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang diukur dengan skala likert. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas dengan software SPSS ver. 20. Metode analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis) untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa celebrity endorsement secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image pada konsumen produk olahraga Specs di Kota Malang. Celebrity endorsement berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada konsumen produk olahraga Specs di Kota Malang. Brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada konsumen produk olahraga Specs di Kota Malang. Namun secara tidak langsung, brand image tidak dapat memediasi celebrity endorsement terhadap keputusan pembelian.

English Abstract

This research was conducted on consumer Specs sports products in Malang City. The variables used in this study consisted of independent variables namely celebrity endorsement (X), mediating variable brand image (Z) and the dependent variable namely purchasing decision (Y). The purpose of this study was to determine and analyze the influence of celebrity endorsement on purchasing decisions with a brand image as a mediating variable. The type of research used is causal research to explain the relationship or influence between the variables studied. Respondents in this study were Specs sports product consumers in Malang City, totaling 130 respondents. The method of data collection in this study uses a questionnaire which is measured by a Likert scale. Test the research instrument using a validity test and reliability test with SPSS software ver. 20. The method of data analysis uses path analysis to find out the direct and indirect effects. The results of the study showed that celebrity endorsement directly had a positive and significant effect on the brand image of Specs sports product consumers in Malang City. Celebrity endorsement has a positive and significant effect on purchasing decisions on Specs sports product consumers in Malang City. Brand image has a positive and significant effect on purchasing decisions on Specs sports product consumers in Malang City. But indirectly, brand image cannot mediate celebrity endorsement on purchasing decisions.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FEB/2019/37/051903474
Uncontrolled Keywords: Celebrity Endorsement, Brand Image, Keputusan Pembelian,
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 24 Jul 2020 23:12
Last Modified: 21 Oct 2021 04:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170044
[thumbnail of Badrus Sofi.pdf]
Preview
Text
Badrus Sofi.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item