Pengaruh Online Review pada Beauty Journal Sociolla terhadap Minat Beli Kosmetik Cruelty-Free

Kamilah, Diva Fairuz (2019) Pengaruh Online Review pada Beauty Journal Sociolla terhadap Minat Beli Kosmetik Cruelty-Free. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sebelum melakukan pembelian produk, konsumen cenderung mencari tentang informasi produk secara online salah satu caranya dengan mengakses online review. E-commerce yang memiliki fitur online review dalam sebuah blog yang terintegrasi adalah Sociolla. Dalam blog Beauty Journal Sociolla terdapat salah satu artikel yang membahas mengenai produk cruelty-free. Minat beli adalah perasaan yang timbul setelah menerima rangsangan dari suatu produk yang menimbulkan ketertarikan untuk mencoba produk tersebut sampai pada akhirnya timbul keinginan untuk dapat memiliki. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh online review pada blog Beauty Journal Sociolla terhadap minat beli kosmetik cruelty-free. Variabel independen yang diuji dalam penelitian ini adalah online review dengan indikator usefullness, reviewer expertise, timeliness, volume, valence, dan comprehensiveness yang diuji pengaruhnya terhadap variabel dependennya yaitu minat beli. Dalam penelitian ini, yang menjadi populasi penelitian adalah masyarakat di Indonesia yang membaca online review di blog Beauty Journal Sociolla yang berjudul “Ingin Mulai Memakai Produk Cruelty Free?”. Jumlah responden dalam penelitian ini ditetapkan sejumlah 272 responden yang dipilih menggunakan metode non-probability sampling dengan menggunakan teknik analisis data regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan variabel online review berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Selanjutnya, comprehensiveness merupakan indikator online review yang paling dominan dan berpengaruh terhadap minat beli kosmetik cruelty-free.

English Abstract

Before making buying decisions, consumers tend to search for product information online, one of the way is access the online review. An E-commerce that has an online review feature in an integrated blog is Sociolla. In Beauty Journal Sociolla blog, there is one article that discusses cruelty-free products. Purchase intention is the feeling that arises after receiving stimuli from a product that create interest in trying the product until finally have the desire to be able to own the product. This study aims to find out the effects of Beauty Journal Sociolla online review on cruelty-free purchase intention. The independent variable in this study is online review with usefullness, reviewer expertise, timeliness, volume, valence, and comprehensiveness as an indicators which the influence of purchase intention are measured. In this study, the research population is readers of “Ingin Mulai Memakai Produk Cruelty Free?” in Beauty Journal Sociolla who live in Indonesia. The number of respondents in this study was set at 272 respondents who were selected using a non-probability sampling method and using simple linear regression data analysis techniques. The result of the study shows that online review significantly influence purchase intention. Furthermore, comprehensiveness is the most dominant indicator of online review and has an influence on cruelty-free cosmetics purchase intention.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/140/051902512
Uncontrolled Keywords: Online Review, Minat Beli, E-Commerce, Beauty Journal Sociolla, Cruelty-Free, Kosmetik. Online Review, Purchase Intention, E-Commerce, Beauty Journal Sociolla, Cruelty-Free, Cosmetics.
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.23 Media (Means of communication) > 302.232 Print media
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 09 Aug 2020 08:32
Last Modified: 09 Aug 2020 08:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170024
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item