Gaya Komunikasi Ketua City Sport 1 United Malang Dalam Revitalisasi Organisasi

Putra, Azzikra Hazmi Helmy (2019) Gaya Komunikasi Ketua City Sport 1 United Malang Dalam Revitalisasi Organisasi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui kecenderungan gaya komunikasi kepemimpinan ketua baru dari City Sport 1 United Malang dalam revitalisasi organisasi, 2) untuk mengetahui upaya komunikasi yang dilakukan oleh ketua baru dari City Sport 1 United Malang dalam merevitalisasi organisasi, dan 3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pada gaya komunikasi kepemimpinan ketua baru dari City Sport 1 United Malang dalam revitalisasi organisasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Adapun penelitian ini menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data menggunakan Model interaktif menurut Miles dan Huberman dengan jenis kegiatan analisis (reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Kecenderungan gaya komunikasi ketua baru City Sport *I United Malang menggunakan gaya komunikasi The equalitarian style. Terlihat dari adanya keterlibatan anggota dalam pengambilan keputusan bersama, pimpinan dan anggota memiliki kerjasama demi kemajuan klub, serta komunikasi antar pemimpin dan anggota bersifat dua arah. Gaya komunikasi yang diterapkan ini terlaksana dengan baik, hal tersebut terlihat dari loyalitas dan sikap kepedulian yang tinggi yang dimiliki oleh anggota klub serta terjalinnya hubungan yang baik sesama anggota klub, 2) Upaya komunikasi yang dilakukan oleh ketua baru dari City Sport 1 United Malang adalah dengan melakukan komunikasi secara terus menerus dan intens. Hal ini untuk menjaga keberlangsungan komunitas serta untuk membimbing anggota komunitas agar memahami tujuan dari komunitas. Keberhasilan menjalin komunikasi tersebut dapat dilihat dari antusias anggota dalam melaksanakan setiap kegiatan yang dilakukan oleh komunitas, seperti kegiatan kumpul bersama dan touring, 3) Faktor pendukung pada gaya komunikasi kepemimpinan ketua baru dari City Sport 1 United Malang adalah adanya peran aktif anggota dalam mendukung setiap kegiatan, serta terbentuknya semangat rasa kebersamaan yang membentuk kepedulian antar anggota.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/379/051903359
Uncontrolled Keywords: Gaya Komunikasi, Revitalisasi Organisasi
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.22 Kinds of communication > 302.224 Verbal communication > 302.224 7 Verbal Communication (Dialectics)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 13 Jul 2020 13:39
Last Modified: 13 Jul 2020 13:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170022
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item