Difusi Inovasi Aplikasi Sistem Informasi Malang Online (SINGO) di Kelurahan Sawojajar

-, Artikasari (2019) Difusi Inovasi Aplikasi Sistem Informasi Malang Online (SINGO) di Kelurahan Sawojajar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Inovasi dalam pelayanan publik adalah salah satu cara dalam menghadapi birokrasi pemerintahan yang masih bermasalah. Salah satu daerah yang menciptakan inovasi untuk menghadapi permasalahan pelayanan publik adalah Kelurahan Sawojajar dengan aplikasi Sistem Informasi Malang Online (SINGO). Aplikasi SINGO memiliki pelayanan yang mempermudah pegawai Kelurahan Sawojajar dan pelayanan mandiri. Hanya saja data penggunaan mandiri aplikasi SINGO menunjukkan dari 64 pemohon hanya 10 pemohon yang diverifikasi atau sekitar 15%. Hal ini dikarenakan masih banyak masyarakat yang belum memahami alur pelayanan. Hal ini terjadi dalam proses difusi inovasi dimana sebuah inovasi dikomunikasikan melalui berbagai saluran dan jangka waktu tertentu di dalam sebuah sistem sosial. Penelitian ini menguraikan tentang bagaimana penyebaran inovasi atau disebut dengan difusi inovasi melalui unsur-unsur yang mempengaruhi keberhasilan suatu difusi inovasi. Unsur-unsur tersebut berdasarkan teori Everett Rogers dan F. Floyd Shoemaker adalah inovasi, saluran komunikasi, jangka waktu dan anggota sistem sosial. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa difusi inovasi aplikasi SINGO telah memenuhi unsur-unsur inovasi, saluran komunikasi, jangka waktu dan anggota sistem sosial sesuai dengan teori difui inovasi. Hanya saja pelaksanaan aplikasi di lapangan belumlah optimal. Hal ini dikarenakan aplikasi SINGO belum memiliki Surat Keputusan (SK) sehingga tidak memiliki hukum yang kuat. Hal tersebut menyebabkan beberapa masyarakat tidak yakin menggunakan aplikasi SINGO. Selain itu penyebaran inovasi hanya gencar-gencarnya di sosialisasikan saat hendak mengikuti lomba saja dan tidak ada keberlanjutan secara berkala. Sehingga masih ada saja yang tidak mengerti penggunaan aplikasi bahkan beberapa masyarakat tidak mengetahui adanya aplikasi SINGO.

English Abstract

Innovation in public service is one way to deal with government bureaucracies that are still problematic. One area that creates innovation to deal with public service problems is Sawojajar Village with the Malang Online Information System (SINGO) application. The SINGO application has services that make it easier for employees of Sawojajar Village and self-service. It's just that the independent usage data of the SINGO application shows that out of 64 applicants only 10 applicants were verified or around 15%. This is because there are still many people who do not understand the service flow. This occurs in the process of diffusion of innovation where an innovation is communicated through various channels and a certain period of time in a social system. This research describes how the spread of innovation or the so-called diffusion of innovation through the elements that influence the success of a diffusion of innovations. These elements are based on Everett Rogers and F. Floyd Shoemaker's theories are innovation, communication channels, timeframes and members of the social system. This type of research is descriptive qualitative. Data collection uses interview, observation and documentation techniques. The results of the study show that the diffusion of innovation in the SINGO application has fulfilled the elements of innovation, communication channels, the duration and members of the social system in accordance with the theory of innovation. It's just that implementation in the field is not optimal. This is because the SINGO application does not yet have a Decree (SK) so it does not have a strong law. This causes some people to be unsure about using the SINGO application. In addition, the spread of innovation is only intensively promoted when they want to take part in the competition and there is no periodic sustainability. So there are still those who do not understand the use of the application even some people are not aware of the SINGO application.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/370/051903333
Uncontrolled Keywords: Aplikasi SINGO, Difusi Inovasi, Pelayanan Publik SINGO Application, Diffusion of Innovations, Public Service
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.3 Social interaction within groups > 302.302 85 Computer aplications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 20 Jul 2020 06:57
Last Modified: 08 Apr 2022 02:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169999
[thumbnail of Artikasari (2).pdf] Text
Artikasari (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Actions (login required)

View Item View Item