Pengaruh Ekstrak Kasar Daun Api-Api (Avicennia Marina) Terhadap Histopatologi Hati Ikan Koi (Cyprinus Carpio) Yang Diinfeksi Bakteri Aeromonas Hydrophilla

Sulistyorinie, Dwi Ratih (2019) Pengaruh Ekstrak Kasar Daun Api-Api (Avicennia Marina) Terhadap Histopatologi Hati Ikan Koi (Cyprinus Carpio) Yang Diinfeksi Bakteri Aeromonas Hydrophilla. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu budidaya yang saat ini menjanjikan keuntungan adalah budidaya ikan koi (Cyprinus carpio). Ikan koi merupakan ikan yang sangat rentan terhadap serangan penyakit salah satunya adalah Motile Aeromonas Septicemia (MAS) yang disebabkan oleh bakteri Aeromonas hydrophilla. Upaya pengobatan yang sering dilakukan pembudidaya yaitu dengan menggunakan obat-obatan kimia seperti chloramphenicol yang tidak ramah lingkungan dan dapat membuat bakteri menjadi resisten. Seiring dengan adanya kecenderungan yang memperhatikan masalah keamanan pangan dan lingkungan maka diharapkan adanya metode pencegahan penyakit bakterial yang bersifat aman bagi pembudidaya, ramah lingkungan dan murah melalui pemanfaatan tanaman herbal, salah satunya menggunakan daun api-api (Avicennia marina). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ekstrak kasar daun api-api (A. marina) terhadap histopatologi hati ikan koi (C. carpio) yang di infeksi bakteri A. hydrophilla. Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2018 sampai dengan Februari 2019 di Laboratorium Budidaya Ikan dan Laboratorium Ilmu Teknologi Hasil Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya, Malang. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode eksperimen, sedangkan rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL). Pada penelitian ini terdiri dari 4 perlakuan, 2 kontrol dan 3 kali ulangan. Perlakuan yang digunakan adalah ekstrak kasar daun api-api (A. marina) dengan dosis 10 ppm, 30 ppm, 50 ppm dan 70 ppm. Pengambilan jaringan hati dilakukan pada hari ke 7 setelah perlakuan. Parameter utama dalam penelitian ini adalah histopatologi hati ikan koi (C. carpio) yang dianalisa dengan metode skoring. Sedangkan parameter penunjang dalam penelitian ini adalah kualitas air antara lain suhu, pH dan oksigen terlarut yang dilakukan setiap hari pada pukul 08.00 dan 15.00 WIB serta kelulushidupan ikan koi (C. carpio). Hasil perlakuan pemberian ekstrak kasar daun api-api (A. marina) memberikan pengaruh terhadap jaringan hati ikan koi (C. carpio) Kelainan jaringan hati yang terjadi pada saat penelitian adalah Kongesti, Hemoragi dan Nekrosis. Hasil pengamatan menunjukkan kerusakan jaringan hati yang terendah adalah perlakuan D dengan dosis 70 ppm. Perlakuan yang terbaik pada penelitian ini adalah perlakuan D dengan dosis 70 ppm. Namun perlu adanya penelitian dengan dosis lebih tinggi dan penelitian lanjutan untuk mengetahui dosis yang optimal ekstrak kasar daun api-api (A. marina) terhadap histopatologi hati ikan koi (C. carpio) yang di infeksi bakteri A. hydrophilla. Kualitas air selama penelitan diukur selama 7 hari setelah pengobatan, didapatkan parameter suhu berkisar antara 24,50-28,70oC; pH 6,54–8,17 danix oksigen terlarut 5,70–9,40 ppm. Kelulushidupan ikan koi (C. carpio) selama penelitian berkisar antara 60-100%.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/140/051903179
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.3 Culture of cold-blooded vertebrates > 639.37 Culture of amphibians and specific kinds of fishes > 639.374 83 Culture of specific kinds of fishes (Cyprinus carpio (Common carp))
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 18 Oct 2020 14:07
Last Modified: 22 Oct 2021 07:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169945
[thumbnail of DWI RATIH SULISTYORINIE (2).pdf]
Preview
Text
DWI RATIH SULISTYORINIE (2).pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item