Pengaruh Ketebalan Substrat Pasir Terhadap Kelangsungan Hidup dan Pertumbuhan Ikan Uceng ( Nemacheilus Fasciatus)

Siahaan, Gemael Candra (2019) Pengaruh Ketebalan Substrat Pasir Terhadap Kelangsungan Hidup dan Pertumbuhan Ikan Uceng ( Nemacheilus Fasciatus). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ikan uceng (Nemacheilus fasciatus) merupakan salah satu ikan yang hidup di perairan di Indonesia. Ikan uceng dimanfaatkan massyarakat sebagai ikan konsumsi dan memiliki potensi untuk menjadi ikan hias sehingga ikan ini memiliki potensial untuk menjadi kandidat komoditas budidaya. Ikan uceng sendiri hidup di sungai dengan substrat berpasir dan berkerikil. Sampai saat ini tidak banyak orang yang bisa membudidayakan. Untuk memenuhi permintaan pasar, para penjual ikan uceng memanfaatkan hasil tangkapan dari alam. Saat ini ikan uceng yang ada di alam semakin sedikit akibat dari penangkapan ikan uceng yang berlebihan. Maka dari itu perlu dilakukannya upaya domestikasi ikan uceng untuk memenuhi kebutuhan pasar dan mencegah agar ikan uceng tidak punah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketebalan pasir yang baik untuk domestikasi ikan uceng agar dapat dibudidayakan secara masal. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Budidaya Ikan Divisi Reproduksi Ikan Fakultas Perikanan dan ilmu Kelautan Universitas Brawijaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2018 sampai bulan Januari 2019. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen yang memerlukan kontrol yang ketat pada saat penelitian. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan analisis keragaman (ANNOVA). Penelitian ini dilakukan dengan tahap pra penelitian yang meliputi pengadaptasian ikan selama 3-4 minggu, kemudian dilakukan pencucian pasir yang digunakan sebagai substrat, setelah itu dilakukannya setting akuarium dan rak untuk membuat jalur inlet dan outlet air. Pemeliharaan ikan dilakukan selama 30 hari dengan perlakuan ketebalan substrat yang berbeda yaitu dengan menggunakan ketebalan substrat 1 cm 2 cm dan 3 cm beserta dengan kontrol (tidak menggunakan substrat). Pengukuran parameter utama yang meliputi pertumbuhan panjang, pertumbuhan berat, pertumbuhan spesifik, FCR, dan kelulushidupan dilakukan selama 30 hari beserta dengan parameter pendukung yang meliputi suhu, pH, dan oksigen terlarut diukur setiap hari selama penelitian. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini didapatkan bahwa pada perlakuan 3 cm memiliki hasi yang terbaik dimana setiap parameter utama perlakuan 3 cm memiliki hasil yang lebih tinggi daripada perlakuan 1 cm, 2 cm dan kontrol. Pada perlakuan 3 cm didapatkan pertumbuhan panjang dengan rata-rata 0,28 cm, pertumbuhan berat sebesar 0,27 gram, kemudian pertumbuhan spesifik sebesar 0,745, setelah itu FCR didapatkan 10,19 dan SR didapatkan sebesar 100% selama 30 hari masa pemeliharaan.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/288/051903418
Uncontrolled Keywords: Ikan Uceng, Nemacheilus fasciatus, Substrat Pasir
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.3 Culture of cold-blooded vertebrates > 639.37 Culture of amphibians and specific kinds of fishes > 639.374 83 Culture of specific kinds of fishes (Cyprinus carpio (Common carp))
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Budidaya Perairan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 23 Oct 2020 09:49
Last Modified: 23 Oct 2021 06:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169896
[thumbnail of Gemael Candra Siahaan.pdf]
Preview
Text
Gemael Candra Siahaan.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item