Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Kepuasan Wisatawan Pada Wisata Pantai Tiga Warna Desa Tambakrejo Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang Jawa Timur

Indaruyati, Vita (2019) Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Kepuasan Wisatawan Pada Wisata Pantai Tiga Warna Desa Tambakrejo Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

“Dialah Yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebagian dari rezeki-Nya. Dan hanya kepada-Nya-lah kamu (kembali setelah) dibangkitkan” (Q.S Al-Mulk: 15). Pada era globalisasi ini, pariwisatamemegang peranan yang penting diIndonesia sebagai daya tarik minat wisatawan yang datang mengunjungi destinasi di Indonesia.Pariwisata juga dapat menunjang ekonomi negara. Dengan peranan pariwisata yang penting ini, banyak masyarakat, pengusaha, dan pemerintah yang ikut dalam pengelolaan dan pengembangan pariwisata ini. Untuk menciptakan kondisi objek dan daya tarik wisata ideal yang mampu melayani berbagai kepentingan, antara lain: masyarakat, swasta dan pemerintah, diperlukan usaha penataan dan pengembangan secara optimal sesuai dengan daya dukung, daya tampung dan daya tarik wisatawan. Dalam hal pemasaran, produsen biasanya dihadapkan kepada masalah bauran pemasaran. Menurut Tjiptono (2014), bauran pemasaran merupakan seperangkat alat yang dapat digunakan pemasar untuk membentuk karakteristik jasa yang ditawarkan kepada pelanggan, yang meliputi produk (product), harga (price), tempat (place), dan promosi (promotion). Pendekatanpemasaran 4P yaitu produk, harga, tempat atau lokasi dan promosi seringberhasil untuk barang, tetapi menurut Lupiyoadi (2001), dalam pemasaran jasaada elemen-elemen lain yang bisa dikontrol dan bisa dikombinasikan untukkeperluan komunikasi dengan konsumen jasa, elemen-elemen tersebut adalah:orang (people or personal traits), lingkungan fisik dimana jasa diberikan atau sarana fisik (physical evidence), dan proses jasa itusendiri (process). Yazid(1999), menegaskan bahwa marketing mix untuk jasa terdiri dari 7P, yakni:produk, harga, tempat, promosi, orang, sarana fisik, dan proses. Kabupaten Malang memiliki banyak objek wisata yang tersedia. Terdapat 86 lokasi objek pariwisata yang berbeda-beda jenisnya. Dari 86 objek wisata tersebut diantaranya 23 wisata Pantai. Salah satu Pantai yang terbilang unik adalah Pantai yang memiliki tiga macam warna, atau biasa disebut Pantai Tiga Warna. Pantai Tiga Warna merupakan Pantai yang mempesona setiap mata yang memandangnya. Pesona keindahan alam dan warnanya yang menakjubkan itu menjadi sebuah mahakarya Sang Pencipta yang tiada duanya. Pantai Tiga warnaini berada di kawasan konservasi laut, khususnya konservasi untuk pohon bakau dan terumbu karang, yang berada di Desa Tambakrejo, Pedukuhan Sendang Biru, Kecamatan Sumbermanjing (wilayah Malang Selatan), Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pantai Tiga Warna tidak hanya menyuguhkan pemandangan yang indah saja akan tetapi juga menawarkan kegiatan konservasi dan edukasi (Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Malang, 2018). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh variabel-variabel bauran pemasaran jasa yang terdiri dari produk (X1),harga (X2), promosi (X3), tempat (X4), orang (X5), proses (X6), dan sarana fisik (X7), terhadap kepuasan wisatawan (Y) dan variabel-variabel yang mempunyai pengaruh dominan terhadap kepuasan wisatawan. Populasi penelitian yaitu pengunjung atau wisatawan Pantai Tiga Warna dengan perhitungan jumlah sampel menggunakan linier time function sehingga didapatkan jumlah responden sebesar 50 responden. Sumber meliputi wawancara, observasi, dokumentasi, dan kuisioner. Kemudian data dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan variabel bebas yaitu (produk, harga, promosi, lokasi, orang, proses, dan sarana fisik) sedangkan variabel terikatnya (Kepuasan Wisatawan). Hasil uji validitas dan uji reliabilitas menunjukkan bahwa seluruh pertanyaan pada kuisioner valid dan reliabel. Hasil uji asumsi kalsik menunjukkan bahwa model regresi bebas dari semua asumsi dan layak untuk digunakan. Hasil analisis regresi linier berganda didapatkan persamaan Y = Y = 7,082 – 0,180 X1 + 0,226 X2 + 0,262 X3 + 0,154 X4 - 0,101 X5 + 0,162 X6 +0,142 X7 + e. Dimana produk (X1),harga (X2), promosi (X3), tempat (X4), orang (X5), proses (X6), dan sarana fisik (X7). Uji koefisien R2 sebesar 28,3%, sedangkan sisanya 71,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Hasil uji F menunjukkan adanya pengaruh bersama-sama atau simultan variabel bebas (produk (X1),harga (X2), promosi (X3), tempat (X4), orang (X5), proses (X6), dan sarana fisik (X7)) terhadap variabel terikat Kepuasan Wisatawan (Y). Hasil uji t (parsial) diketahui bahwa variabel bauran pemasaran jasa yang berpengaruh nyata dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan ialah harga dan sarana fisik. Variabel bauran pemasaran jasa yang paling mendominasi mempengaruhi kepuasan wisatawan ialah variabel sarana fisik (X7) yaitu nilai thitung 1,954.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/210/051903299
Uncontrolled Keywords: Bauran Pemasaran, Pariwisata, Kepuasan Wisatawan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 02 Oct 2019 01:50
Last Modified: 23 Oct 2021 06:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169840
[thumbnail of Vita Indaruyati.pdf]
Preview
Text
Vita Indaruyati.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item