Analisis Pengaruh Daya Tarik Wisata, Citra Merk, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Wisatawan (Studi Kasus Di Clungup Mangrove Conservation, Malang)

Maulidah, Afsah Indah (2019) Analisis Pengaruh Daya Tarik Wisata, Citra Merk, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Wisatawan (Studi Kasus Di Clungup Mangrove Conservation, Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu sumber pendapatan yang penting bagi suatu negara. Kepariwisataan indonesia merupakan penggerak perekonomian nasional yang potensial untuk memacu perkembangan perekonomian dimasa depan. Salah satu daerah di indonesia yang memiliki wisata dengan keindahan alam adalah Kabupaten Malang. Hal ini membuat kabupaten malang memiliki berbagai keindahan alam an pesona wisata pantai yang memikat.. Pantai ini berkembang pesat dan memiliki daya tarik khusus bagi wisatawan. CMC tiga warna ini terdiri dari 6 pantai diantaranya pantai clungup, pantai gatra, pantai sapana, pantai mini, pantai batu pecah, dan pantai tiga warna. Namun pengembangan pariwisata dimalang menjadi trending topic masalah klasik tentang kurangnya inovasi maupun konsepkonsep baru yang menjadi persoalan dan pengembangan daya tarik wisata. Daya tarik wisata adalah segala sesuatu yang memiliki keunikan, keindahan, dan nilai yang berupa keanekaragaman, kekayaan, budaya, dan hasil buatan manusia yang menjadi sasaran atau tujuan kunjungan wisatawan. Selain atraksi wisata adalah brand menjadi faktor penting sebuah penanda yang mengidentifikasikan sebuah perusahaan atau jasa, produk, tempat dll didalam mengambil sebuah keputusan dalam melakukan kunjungan. Oleh karena semakin banyaknya pengunjung maka kualitas pelayanan menjadikan sangat penting untuk memenangkan persaingan. Kualitas pelayanan berpusat pada upaya pemenuhan kebutuhan dan keinginan pelanggan serta ketepatan penyampaiannya untuk mengimbangi harapan pelanggan. Tak hanya itu, semakin diyakini bahwa kunci utama untuk memenangkan persaingan adalah memberikan nilai dan kepuasan kepada pelanggan melalui pemasaran produk dan jasa yang bersaing. Oleh karena itu harus memahami strategi yang digunakan untuk bersaing yaitu harga. mengungkapkan harga adalah elemen dalam bauran pemasaran yang tidak saja menentukan profitabilitas tetapi juga sebagai sinyal untuk mengkomunikasikan proporsi nilai suatu produk atau destinasi wisata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh daya tarik wisata, citra merek, kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan wisatawan, pengaruh kepuasan terhadap loyalitas wisatawan dalam berkunjung di kawasan CMC, Malang, Pengaruh daya tarik wisata, citra merek, kualitas pelayanan dan harga terhadap loyalitas wisatawan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (Explanatory Research) dengan pendekatan kuantitatif. Pendekatan yang digunaka dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer yang diambil berupa tanggapan pengunjung mengenai daya tarik wisata, citra merek, kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan serta dampaknya terhadap loyalitas wisatawan. Sedangkan untuk data sekunder dalam penelitian ini adalah data yang tidak diperoleh secara langsung namun melalui media perantara yaitu wawancara dengan pengunjung, pihak CMCxi dan masyarakat sekitar serta penyebaran kuisoner. Metode analasis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modelling (SEM) dengan model Partial Least Square (PLS) Hasil yang di dapatkan menunjukkan bahwa Citra Merek, Kualitas Pelayanan dan harga Berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung karena PValue masing-masing sebesar 0.01, 0.07, 0.02 Dan daya tarik wisata tidak berpengaruh secara signifikan karena P-Value diatas 10 %. Kemudian Hasil analisis menunjukkan bahwa Citra merek dan kepuasan berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pengunjung karena P Value sebesar 0.02 dan daya tarik wisata, kualitas pelayanan, harga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pengunjung karena P-value diatas 10 %. Dan menunjukkan bahwa Kepuasan pengunjung berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelayanan karena Pvalue sebesar <.01. Saran kepada pengelola CMC, Malang yaitu memperluas pangsa pasar dan proMosi sehingga pantai ini dapat diketahui oleh masyarakat luas. Dapat memberikan inovasi baru didalam kawasan, agar masyarakat lebih betah untuk mengunjungi pantai ini. Kepada pemerintah memberikan penyuluhan dan pendampingan serta pelatihan-pelatihan kepada Yayasan Bhakti Alam Sendang Biru yang mengelola Mangrove tentang pentingnya melindungi mangrove ini secara efektif dan effesien. Meningkatkan kegiatan dibidang Mangrove di Indonesia, sehingga mampu berkembang dan bersaing baik secara nasional dan international. Dan kepada peneliti selanjutnya diharapkan mampu menyempurnakan dan melakukan penelitian dengan responden yang lebih banyak dan menghubungkan pengaruh variabel-variabel lain di luar model seperti sarana dan prasarana dengan kepuasan dan loyalitas wisawatan.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/273/051903324
Uncontrolled Keywords: Pariwisata, Daya Tarik Wisata, Citra Merk, Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan Wisatawan
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.4 Secondary industries and services > 338.47 Services and specific products > 338.479 1 Services and specific products (Geography and travel)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 01 Oct 2019 07:20
Last Modified: 25 Oct 2021 08:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169838
[thumbnail of AFSAH INDAH MAULIDAH (2).pdf]
Preview
Text
AFSAH INDAH MAULIDAH (2).pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item