Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan Pada Ekspor Urea (Studi Pada PT. Pupuk Kalimantan Timur, Bontang)

Ardhie, Betadio Sylviamabiliscar (2017) Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan Pada Ekspor Urea (Studi Pada PT. Pupuk Kalimantan Timur, Bontang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perdagangan internasional membuat pesaing bagi perusahaan semakin banyak, karena dengan perdagangan internasional akan lebih banyak pesaing dari seluruh negara dengan produk yang sama. Perdagangan internasional akan memberikan dampak dalam tingkat persaingan, selain itu juga menjadi peluang yang besar bagi perusahaan domestik untuk memasarkan produk mereka ke luar negeri, sehingga perusahaan dapat meningkatkan volume penjualan. PT Pupuk Kalimantan Timur merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak dalam bidang perpupukan, petrokimia, dan kimia lainnya. Berdasarkan visi perusahaan yaitu “Menjadi perusahaan di bidang industri pupuk, kimia, dan agribisnis kelas dunia yang tumbuh dan berkelanjutan”, PT Pupuk Kalimantan Timur harus terus mencari kesempatan baru agar dapat bersaing di era globalisasi dengan cara meningkatkan volume penjualan urea di pasar internasional ditengah semakin meningkatnya kompetisi di industri pupuk internasional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang mendorong PT Pupuk Kalimantan Timur melakukan kegiatan ekspor, mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan perusahaan, menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dimiliki perusahaan, serta menganalisis strategi yang tepat untuk digunakan perusahaan dalam upaya meningkatkan volume penjualan pada ekspor urea. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT dengan menggunakan matriks EFAS, IFAS, IE, dan matriks TOWS dalam membuat beberapa alternatif strategi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor perusahaan melakukan ekspor karena adanya kelebihan kapasitas produksi. Strategi yang digunakan perusahaan dalam melakukan ekspor dengan cara penjualan spot, tender, dan long term contract. Melalui analisis SWOT, kekuatan terbesar perusahaan terletak pada kualitas produk yang terjamin, dan kelemahan terbesar terletak pada kapasitas produksi yang terbatas untuk di ekspor. Kemudian peluang terbesar perusahaan terletak pada permintaan pasar urea ekspor yang masih tinggi dan ancaman terbesar terletak pada harga urea internasional yang fluktuatif. Berdasarkan analisis internaleksternal, posisi perusahaan berada pada sel I, yaitu Growth and Build. Alternatif strategi yang dapat diberikan adalah mencari alternatif lain selain penggunaan gas alam, melakukan penetrasi pasar melalui kerjasama dengan distributor asing, melakukan diversifikasi produk, mempertahankan kualitas produk, meningkatkan kegiatan promosi dengan melakukan kerjasama dengan distibutor asing dan membangun gudang penyimpanan.

English Abstract

International trade makes the company has more competitors, because with international trade, there will be more competitors from all over the country with the same product. International trade will give impact in the level of business competition, also become a great opportunity for domestic company to market their products outside the country, so they can increase their sales volume. PT Pupuk Kalimantan Timur is manufacturing company which is engaged in the field of fertilizer, phetrochemicals, and other chemichals. Based on company vision “To Become a Growing and Sustainable World-Class Company in the Fertilizer, Chemical, and Agrobusiness Industry”, PT Pupuk Kalimantan Timur will have to continue to look for new oppoetunities in order to be more competitive in this globalization era by means of increasing the volume of sales of urea in the international market, amid increasing competition in the international fertilizer industry. This research aims to analyze the factors that encourage PT Pupuk Kalimantan Timur doing the export activities, find out the marketing strategies applied to the company, to analyzing strength, weakness, opportunities, and threats that the company has, also to analyze the right strategy to be used for the company in attempt to incease sales volume in export of urea. Analysis technique data used in this research in the SWOT analysis by using a Matix IFAS, EFAS, IE and TOWS matrix in order to make some alternative strategies. The result of this research shows the factors of the company entering urea export market because PT Pupuk Kalimantan Timur has a surplus in urea production. The company using spot, tender, and long term contract strategy. PT Pupuk Kalimantan Timur has several advantages in the market positioning. The SOWT analysis shows, the company strength lies on the guaranteed produc quality, and the greatest weakness is limited production capacity for export. Then the biggest opportunity for the company is the demand of export urea market still high, and the biggest threat for the company is the fluctuation of international prices of urea. Based on internal-external analysis, the company is located in cell 1, which is “Growth and Build”. The alternative strategy that can be given are finding other source beside using the natural gas, doing market penetration through cooperation with foreign distribution, defending the quality of the company’s product, diversified product, improving promotional activities by doing cooperation with foreign distributor and constructed storage sheds in that country.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/576/051707729
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 25 Aug 2017 06:57
Last Modified: 04 Dec 2024 00:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/1698
[thumbnail of Betadio Sylviamabiliscar Ardhie.pdf] Text
Betadio Sylviamabiliscar Ardhie.pdf

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item