Pengaruh Panjang Berat Total Ikan Yang Berbeda Terhadap Kualitas Serbuk Albumin Daging Ikan Gabus (Ophiocepalus Striatus) Dengan Vacuum Drying

Firdaus, Any Zain Fatkhul (2019) Pengaruh Panjang Berat Total Ikan Yang Berbeda Terhadap Kualitas Serbuk Albumin Daging Ikan Gabus (Ophiocepalus Striatus) Dengan Vacuum Drying. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ikan gabus (Ophiocephalus striatus) merupakan salah satu ikan air tawar yang mempunyai kandungan protein dan kandungan albumin cukup tinggi. Albumin adalah protein yang disintesis di dalam hati dan terdiri dari rantai tunggal 610 asam amino. Tetapi pada ekstrak albumin memiliki aroma yang amis sehingga pengolahan menjadikan produk serbuk dianggap sebagai cara yang tepat. Hubungan panjang berat ikan untuk menggambarkan pola pertumbuhan ikan, tersebut isometrik atau allometrik. Hubungan panjang-berat ikan untuk menggambarkan pola pertumbuhan ikan, tersebut isometrik atau allometrik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh panjang berat total ikan yang berbeda terhadap kualitas serbuk albumin ikan gabus (Ophiocepalus striatus) dengan vacuum drying. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Penanganan Hasil Perikanan dan Laboratorium Nutrisi Ikan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan , Universitas Brawijaya Malang pada bulan Maret-Juli 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode ekperimen. Rancangan percobaan dalam penelitian utama adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan menggunakan 5 perlakuan dan 5 kali ulangan. Kemudian untuk data hasil penelitian dianalisa dengan menggunakan ANOVA (Analysis of Variance) untuk mengetahui pengaruh perlakuan terhadap respon parameter yang dilakukan, dengan uji F pada taraf 5% dan jika didapatkan hasil yang berbeda nyata maka akan dilakukan uji Tukey pada taraf 5%. Hasil penelitian panjang berat total ikan gabus yang berbeda, berpengaruh terhadap kualitas kimia yaitu (kadar protein, kadar air, kadar lemak, kadar abu), kadar albumin, daya serap dan juga pada uji organoleptik skoring aroma dan warna. Perlakuan panjang berat ikan gabus yang tepat pada pembuatan serbuk albumin ikan gabus yaitu pada panjang ± 39 cm dan berat 901-950 g dengan nilai analisa yaitu kadar protein 22,51%, kadar air 2,02%, kadar lemak 3,95%, kadar abu 2,65%, kadar daya serap 2,94%, kadar albumin 3,43%. Untuk uji organoleptik skoring yaitu warna 4,49% dan skroing aroma 3,61%. Untuk kandungan asam amino tertinggi adalah asam glutamat 0,48%. Dan kandungan asam lemak tertinggi adalah asam palmitat 22,17%. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini yaitu perlu adanya penelitian lanjutan tentang faktor pola makan ikan yang mempengaruhi kualitas serbuk albumin ikan gabus yang sesuai dengan SNI (Standart Nasional Indonesia) dan dapat dijual di pasaran.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/89/051903128
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.3 Culture of cold-blooded vertebrates > 639.37 Culture of amphibians and specific kinds of fishes > 639.374 82 Culture of specific kinds of fishes (Cyprinidae (Carp family))
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 18 Oct 2020 09:48
Last Modified: 18 Oct 2020 09:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169790
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item