Efektivitas Komunikasi Interpersonal Model-Fotografer Dalam Pendekatan Humanistik Pada Komunitas Fotografi ‘Malang Hunting Bareng’ Di Kota Malang

Khodijah, Putri Atsary Ummu (2019) Efektivitas Komunikasi Interpersonal Model-Fotografer Dalam Pendekatan Humanistik Pada Komunitas Fotografi ‘Malang Hunting Bareng’ Di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana efektivitas komunikasi interpersonal antara model dan fotografer pada komunitas fotografi Malang Hunting Bareng di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui interview. Peneliti memilih informan dengan teknik purposive sampling dan teknik analisis data Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Informan dalam penelitian ini adalah fotografer dan model Malang Hunting Bareng. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas komunikasi interpersonal antara model dan fotografer pada komunitas fotografi Malang Hunting Bareng di Kota Malang, terdiri dari lima aspek, yaitu 1) keterbukaan, 2), sikap positif, 3) kesamaan 4) empati dan 5) dukungan atau supportivitas. Keterbukaan model dan fotografer yakni dengan saling mengenal satu sama lain melalui media apapun, setelah itu anggota dari komunitas ini lebih mengakrabkan lagi saat terdapat event-event seperti hunting bersama. Sikap positif antara fotografer dan model telah dilakukan dengan berpandangan positif terhadap dirinya sendiri, dengan begitu fotografer dan model dapat menunjukkan sikap baik kepada sesama anggota komunitas agar satu sama lain merasa nyaman dan bisa lebih meningkatkan rasa kepercayaannya dalam komunitas. Kesamaan atau kesetaraan dalam komunitas ini ditunjukkan dengan tidak adanya senioritas baik itu yang sudah pro ataupun yang masih hobbies. Rasa empati kebanyakan ditunjukkan kepada para fotografer kepada modelnya, baik itu tentang pose yang baik, pemilihan makeup dan juga pakaian. Aspek terakhir dalam efektiftas komunikasi interpersonal adalah suportivitas, dalam komunitas ini suportivitas cukup banyak terjadi untuk fotografer dan model yang sudah professional yang kemudian membimbing fotografer atau model yang masih pemula.

English Abstract

This research aims to identify and analyze how the effectiveness of interpersonal communication between models and photographers in the Malang Hunting Bareng photography community in Malang City. This research uses descriptive qualitative method with interview as a data collection technique. The researcher chose the informant with a purposive sampling technique and Miles and Huberman’s data analysis techniques consists of data reduction, display data, and conclusion drawing. Informants in this research were the phoographers and models in Malang Hunting Bareng. The results of this research indicate that the effectiveness of interpersonal communication between models and photographers in the Malang Hunting Bareng photography community in Malang city, consists of five aspect, 1) openness, 2), positive attitude, 3) equality 4) empathy and 5) supportivity. The openness of models and photographers is to get to know each other through any media, after that members of this community became more familiar when there were events such as hunting together. A positive attitude between the photographer and the model has been carried out with a positive outlook on themselves, so the photographers and the model can show good attitude to fellow community members so they can feel comfortable and they can enhance their trust in the community. Equality in this community is indicated by the absence of seniority whether it is pro or hobbies. Empathy is mostly shown by photographers to the model, both about good pose, the selection of makeup and clothing. The last aspect in the effectivenessof interpersonal communication is supportivity, in this community there is a lof of support from the professional photographer and model who then guides the photographer or model who’s still a beginner.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/222/051902594
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Komunikasi Interpersonal, Model, Fotografer Effectiveness, Interpersonal Communication, Models, Photographers
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 20 Jul 2020 05:08
Last Modified: 13 Sep 2022 01:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169773
[thumbnail of Putri Atsary Ummu Khodijah (2).pdf] Text
Putri Atsary Ummu Khodijah (2).pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item