Hubungan Self Efficacy dengan Goal Orientation pada Atlet Softball Tim Nasional Indonesia

Perdana, Lydia Adilla (2019) Hubungan Self Efficacy dengan Goal Orientation pada Atlet Softball Tim Nasional Indonesia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self efficacy dengan goal orientation pada atlet softball tim nasional (TIMNAS) Indonesia Nicholls (1984) membagi goal orientation menjadi dua jenis yaitu task involved goals dan ego involved goals. Subjek dengan task involved gouts akan bertokus pada kemampuan untuk pengembangan keterampilan dan perbaikan diri. Sedangkan subjek dengan ego involved goals akan berfokus pada mengalahkan orang lain untuk meningkatkan status sosial mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dengan subjek sebanyak 35 orang atlet softball laki-laki dan perempuan. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh dan diolah menggunakan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara self efficacy dengan goal orientation yang signifikan dan positif dengan nilai korelasi sebesar 0,366 dan taraf signifikansi 0,047. sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi self efficacy atlet softball maka akan semakin tinggi pula goal orientation yang dimiliki. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara self efficacy dengan ego-involved orientation dengan taraf signifikansi 0,902 dan terdapat hubungan antara self efficacy dengan task-involved orientation dengan taraf signifikansi 0,000.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/216/051902588
Uncontrolled Keywords: Atlet, Ego-Involved Orientation, Goal Orientation, Self Efficacy, Task-Involved Orientation
Subjects: 100 Philosophy, parapsychology and occultism, psychology > 158 Applied psychology > 158.1 Personnal improvement and analysis
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 09 Jul 2020 08:45
Last Modified: 09 Jul 2020 08:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169744
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item