Hubungan Kematangan Emosi Dengan Perilaku Agresi Pada Remaja Yang Bermain Game Online Bertemakan Kekerasan

Daryani, Anandha Panglipur (2019) Hubungan Kematangan Emosi Dengan Perilaku Agresi Pada Remaja Yang Bermain Game Online Bertemakan Kekerasan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kematangan emosi dengan perilaku agresi pada remaja yang bermain game online bertemakan kekerasan. Subjek dalam penelitian ini adalah 100 remaja yang bermain game online bertemakan kekerasan. Desain penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala Emotional Maturity Scale (EMS) yang disusun oleh Singh & Bhargava (Priyasdhani, 2018) dan skala The Aggresion Questionnaire milik Buss dan perry (1992). Analisis data menggunakan teknik Pearson’s product moment correlation. Hasilnya terdapat hubungan positif antara kematangan emosi dengan perilaku agresi, yang artinya semakin tinggi kematangan emosi maka semakin tinggi pula perilaku agresi.

English Abstract

The aim of this research is to know the correlation of emotional maturity with Aggressive behavior toward teenagers who play violent online video games. 100 teenagers that play violent online video games are the subject of this research and purposive sampling was used to choose the subject. The method of this research is Quantitative method. The instrument which was used for this research were Emotional Maturity Scale (EMS; Singh & Bhargava in Priyasdhani, 2018) and The Aggresion Questionnaire (Buss dan perry, 1992). The data analysis was using Pearson’s product moment correlation technique. In the result, there is a positive correlation between emotional maturity with Aggressive, which mean the higher emotional maturity, the higher aggressive behavior also.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/282/051902654
Uncontrolled Keywords: Game online, kematangan emosi, perilaku agresi. Aggressive behavior, emotional maturity, video games.
Subjects: 700 The Arts > 793 Indoor games and amusements > 793.4 Games of action
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 07 Jul 2020 07:26
Last Modified: 07 Jul 2020 07:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169740
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item