Pibrianto, Erwin (2019) Personal Brand Raditya Dika Sebagai Komedian Pada Media Sosial Instagram ( Studi Pada Follower Akun Instagram @Raditya_Dika ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seperti apa personal brand Raditya Dika pada media sosial instagram. Menurut Montoya (dalam Sorya, 2017), pada manusia, brand yang melekat pada dirinya disebut personal branding. Personal branding bertujuan untuk membangun asosiasi dan harapan audiens terhadap diri seseorang, yang berkenaan dengan kemampuan untuk mempengaruhi keputusan dan tingkah laku seseorang. Salah satu tokoh di Indonesia yang menggunakan Instagram sebagai alat untuk membentuk image diri adalah Raditya Dika. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitif deskriptif dengan teknik pengambilan data melalui kuisioner menggunakan skala Likert. Pengggunaan kuantitatif deskriptif bertujuan untuk mengukur nilai mean. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 follower akun @raditya_dika. Hasil dalam penelitian ini dianalis dengan menggunakan teori Eight Laws of Personal Branding milik Peter Montoya (dalam Ramadhan dkk, 2016). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa personal branding Raditya Dika melalui instagram dikenal baik dan konsisten dan dapat diterima baik oleh followernya.
English Abstract
This study aims to find out what Raditya Dika's personal brand looks like on Instagram social media. According to Montoya (in Sorya, 2017), in humans, the brand inherent in them is called personal branding. Personal branding aims to build audience associations and expectations of a person, which is related to the ability to influence one's decisions and behavior. One of the leaders in Indonesia who uses Instagram as a tool to form a self image is Raditya Dika. This research method uses descriptive quantitative research methods with data collection techniques through questionnaires using a Likert scale. Quantitative descriptive aims to measure the mean value. The number of samples in this study were 100 followers of @raditya_dika's account. The results in this study were analyzed using the theory of Eight Laws of Personal Branding owned by Peter Montoya (in Ramadhan et al, 2016). The results of this study indicate that Raditya Dika's personal branding through Instagram is well known and consistent and is well accepted by his followers.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FISIP/2019/213/051902585 |
Uncontrolled Keywords: | personal brand, Instagram, Raditya Dika, kuantitatif |
Subjects: | 700 The Arts > 792 Stage presentations > 792.7 Variety shows and theatrical dancing > 792.76 Stand-up comedy |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 02 Jul 2020 06:46 |
Last Modified: | 04 Aug 2020 04:35 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169737 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |