Pengaruh Perendaman Asam Sitrat Dengan Konsentrasi Yang Berbeda Terhadap Karakteristik Fisikokimia Gelatin Kulit Ikan Kerapu (Ephinephelus Sp.)

Siregar, Ghea Regita Maharani (2019) Pengaruh Perendaman Asam Sitrat Dengan Konsentrasi Yang Berbeda Terhadap Karakteristik Fisikokimia Gelatin Kulit Ikan Kerapu (Ephinephelus Sp.). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Gelatin adalah suatu polipeptida larut berasal dari kolagen yang merupakan konstituen utama dari kulit, tulang dan jaringan ikat binatang. Gelatin diper oleh melalui hidrolisis parsial dari kolagen ketika kolagen diperlakukan dengan asam atau basa dan diikuti dengan panas. Struktur fibrosa kolagen dipecah irreversible dan menghasilkan gelatin. Gelatin adalah suatu jenis protein yang di ekstraksi dari jaringan kolagen kulit, tulang atau ligament (jaringan ikat) hewan. Gelatin banyak digunakan dalam bidang industri makanan, farmasi, kosmetik, dan fotografi. Gelatin diperoleh dari kolagen melalui proses praperlakuan secara asam (gelatin tipe A) dengan titik isoelektrik pada pH 7–9 atau basa (gelatin tipe B) dengan titik isoelektrik pada pH 4,7–5,4. Larutan yang digunakan dalam penelitian ini adalah asam sitrat. ). larutan asam mampu mengubah serat kolagen triple helix menjadi rantai tunggal dalam waktu singkat, sehingga pada waktu yang sama jumlah kolagen yang terhidrolisis lebih banyak. Perendaman dalam larutan asam terhadap kolagen dapat menghasilkan polimer gelatin dengan glisin sebagai penyusun utama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari konsentrasi asam sitrat yang berbeda terhadap karakteristik fisikokimia gelatin kulit ikan kerapu (Ephinephelus sp.). Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Ilmu Teknologi Hasil Perikanan Divisi Perekayasaan Hasil Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya Malang pada bulan Desembe 2018 – Februari 2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan metode eksperimen. Rancangan percobaan pada penelitian utama adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan menggunakan 3 perlakuan dan 6 kali ulangan. Kemudian data dianalisa dengan menggunakan ANOVA (Analysis of Variance) untuk mengetahui pengaruh perlakuan terhadap respon parameter yang dilakukan dengan uji F pada taraf 5% dan jika didapatkan hasil yang berbeda nyata maka dilanjutkan dengan uji Tukey pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsentrasi perendaman asam sitrat yang berbeda mempengaruhi karakteristik fisikokimia gelatin kulit ikan kerapu (Ephinephelus sp.) yang meliputi rendemen, kadar protein, kadar lemak, kadar air, kadar abu, viskositas, kekuatan gel, derajat keasaman (pH) dan profil asam amino. Gelatin kulit ikan terbaik didapatkan dengan konsentrasi perendaman asam sitrat sebesar 1% meliputi kekuatan gel sebesar 12,12 N, viskositas sebesar 6,5 cP, rendemen sebesar 21,75%, pH sebesar 4,8; kadar protein sebesar 84,99%, kadar air sebesar 1,63%, kadar abu sebesar 0,33% dan kadar lemak sebesar 0,398%. Hasil uji profil asam amino didapatkan hasil tertinggi Glisin 21,07% dan terendah L-Tirosin 0,42%. Saran yang dapat diberikan adalah adanya penelitian lanjut untuk meningkatkan kadar protein dalam gelatin kulit ikan sehingga dapat memenuhi standar nasional maupun internasional.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/200/051903289
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 543 Analytical chemistry
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 20 Jul 2020 05:02
Last Modified: 25 Oct 2021 08:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169714
[thumbnail of GHEA REGITA MAHARANI SIREGAR (2).pdf]
Preview
Text
GHEA REGITA MAHARANI SIREGAR (2).pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item