Analisis Kepuasan Dan Loyalitas Pengunjung Terhadap Kinerja Pengelola Wisata Pantai Pulau Merah Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur

Putri, Serly Ayu Leviana (2019) Analisis Kepuasan Dan Loyalitas Pengunjung Terhadap Kinerja Pengelola Wisata Pantai Pulau Merah Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pantai Pulau Merah merupakah salah satu obyek wisata andalan di Kabupaten Banyuwangi. Keindahan panorama yang dimiliki oleh Pantai Pulau Merah banyak menarik wisatawan lokal hingga mancanegara. Selain itu potensi ombak yang dimiliki oleh wisata Pantai Pulau Merah sangat berpotensi untuk digunakan olahraga selancar, oleh karena itu Pemkab Banyuwangi mengadakan ajang Surfing International pada tahun 2013 yang diikuti oleh 20 mancanegara. Sehingga Pantai Pulau Merah semakin dikenal oleh wisatawan mancanegara. Berbagai fasilitas telah disediakan oleh wisata Pantai Pulau Merah yaitu seperti penyewaan papan selancar, penyewaan payung dan tempat berjemur, berbagai restoran atau rumah makan, tempat ibadah, beberapa toilet dan lain-lain. Adanya berbagai fasilitas tersebut diharapkan dapat menambah kenyamanan serta kepuasan pengunjung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis potensi wisata yang dimiliki oleh wisata Pantai Pulau Merah, karakteristik konsumen (pengunjung) wisata Pantai Pulau Merah, kepuasan pengunjung terhadap kinerja pelaku usaha pada Pantai Pulau Merah, dan loyalitas pengunjung terhadap kinerja pelaku usaha pada Pantai Pulau Merah. Jenis data yang digunakan adalah kuantitatif dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diantaranya yaitu Data primer meliputi bagian umum karakteristik konsumen (pengunjung), faktor-faktor yang mempengaruhi aspek kunjungan wisata, tingkat kinerja pelaku usaha pada Pantai Pulau Merah, dan tingkat loyalitas. Sedangkan data sekunder meliputi studi literatur, keadaan umum lokasi penelitian serta letak geografis dan topografis lokasi penelitian. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif, Importance Performance Analysys (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Metode analisis deskriptif digunakan untuk analisis karakteristik konsumen dan loyalitas konsumen, sedangkan Importance Performance Analysys (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI) digunakan untuk menganalisis kepuasan konsumen. Hasil penelitian mengenai potensi wisata yang dimiliki oleh Pantai Pulau Merah yaitu pertama memiliki ombak yang besar sehingga berpotensi untuk digunakan sebagai olahraga surfing, kedua memiliki kelengkapan fasilitas penunjang yang dapat memanjakan pengunjung seperti penyewaan payung dan tempat berjemur, ketiga memiliki ciri khas yaitu bukit hijau kecil hanya dapat dilalui ketika air laut surut yang terletak pada bibir pantai Pulau Merah yang dijadikan sebagai ikonik karena keindahan panorama alam wisata Pantai Pulau Merah seperti memiliki pasir putih serta pemandangan pantai yang indah. Sedangkan hasil dari penelitian mengenai karakteristik konsumen (pengunjung) berdasarkan jenis kelamin didapatkan hasil bahwa 58% pengunjung Pantai Pulau Merah adalah laki-laki, berdasarkan usia didapatkan hasil pengunjung yang berusia 20-30 tahun mendapatkan hasil tertinggi yaitu sebesar 46% dengan status pernikahan sebanyak 54%, jumlah anggota keluarga terbanyak 2-4 orang yaitu sebesar 76% dengan suku bangsa Jawa sebanyak 96%, tingkat pendidikan tertinggi yaitu SMU sebanyak 56% sebagai mahasiswa / pelajar sebanyak 36%, tingkat pendapatan terbanyak yaitu kurang dari Rp. 2.000.000,00 sebanyak 30%, sedangkan berdasarkan aspek kunjungan pada tingkat kepentingan mengunjungi wisata Pantai Pulau Merah sebanyak 44% pengunjung menganggap penting, sebanyak 50% pengunjung mengetahui wisata Pantai Pulau Merah dari relasi, sebanyak 44% pengunjung berwisata di Pantai Pulau Merah karena pengaruh dari teman dengan mengunjungi wisata Pantai Pulau Merah secara terencana sebesar 60% dan pengunjung biasanya mengunjungi secara tidak menentu sebesar 62%. Hasil penelitian mengenai kepuasan konsumen (pengunjung) terhadap kinerja pengelola wisata Pantai Pulau Merah diperoleh nilai sebesar 75%, diperoleh hasil 75% bahwa pengunjung puas terhadap atribut merek, harga tiket masuk, pelayanan, fasilitas lahan parkir dan keamanan. Sedangkan sebesar 25% pengunjung belum puas dengan atribut akses, harga makanan, harga penginapan, harga fasilitas, fasilitas homestay, kebersihan toilet dan kebersihan restoran. Hasil penelitian mengenai loyalitas konsumen (pengunjung) terhadap kinerja pengelola wisata Pantai Pulau Merah yaitu didapatkan hasil committed buyer sebesar 96%, liking the brand sebesar 90%, satisfied buyer sebesar 88%, habitual buyer sebesar 72% dan switcher sebesar 70%. Rekomendasi kebijakan yang dapat digunakan dalam meningkatkan kepuasan pengunjung didasarkan pada diagram kartesius IPA khususnya bagi kuadran 3, yaitu dengan memperbaiki akses jalan menuju Pantai Pulau Merah, pengelola wisata bekerjasama dengan restoran/rumah makan dalam menentukan harga maksimal dan minimal agar pengunjung tidak merasa terlalu mahal, pengelola wisata perlu melakukan kerjasama dengan pemilik homestay agar lebih mudah dalam mengetahui keinginan pengunjung mengenai fasilitas homestay yang diinginkan, pengelola wisata menyesuaikan harga fasilitas dengan kualitas fasilitas yang ditawarkan serta menawarkan potongan harga apabila fasilitas yang dipesan lebih dari 3 unit, pengelola wisata bekerjasama dengan pemilik homestay dalam memasarkan homestay agar lebih mudal dalam menganalisa kemampuan calon konsumen mengenai harga serta menyesuaikan kualitas fasilitas dengan harga yang ditawarkan, pengelola wisata membagi tugas pada divisi kebersihan serta penjaga toilet untuk mengontrol kebersihan toilet setiap saat serta menetapkan peraturan yang tegas bagi pengunjung untuk menjaga kebersihan toilet, pengelola wisata memberikan peraturan untuk pemilik restoran atau rumah makan mengenai kebersihan restoran serta jaminan mutu makanan yang nantinya akan dikontrol oleh divisi kebersihan. Sedangkan rekomendasi kebijakan yang dapat digunakan dalam meningkatkan loyalitas ixkonsumen (pengunjung) didasarkan pada tingkatan piramida loyalty yaitu switcher buyer, habitual buyer, satisfied buyer, liking the brand, dan committed buyer dapat diperbaiki dengan cara sebagai berikut : (1) Membuat web pada internet mengenai fasilitas, keindahan panorama Pantai Pulau Merah serta pentingnya melakukan kegiatan berwisata. Sehingga Pantai Pulau Merah akan lebih banyak dikenal oleh masyarakat luas dari web tersebut dan banyak yang ingin mengetahui secara langsung bagaimana keindahan Pantai Pulau Merah, (2) Terus melakukan perbaikan fasilitas yang terdapat pada Pantai Pulau Merah agar pengunjung mengalami kenyamanan serta kepuasan, (3) Pemerintah Kabupaten Banyuwangi terus melakukan event international pada wisata Pantai Pulau Merah agar pengunjung dapet terus tertarik untuk mengunjungi wisata Pantai Pulau Merah. Secara keseluruhan pengunjung wisata Pantai Pulau Merah telah merasa puas, hal ini perlu ditingkatkan yaitu dengan cara memperbaiki atribut akses, harga makanan, harga penginapan, harga fasilitas, fasilitas homestay, kebersihan toilet dan kebersihan restoran. Untuk penelitian selanjutnya saran yang diberikan yaitu menambah alat analisis sensitivitas harga agar diketahui sampai batas mana pengunjung Pantai Pulau Merah masih ingin mengunjungi serta menikmati fasilitas pada Pantai Pulau Merah serta melakukan perbandingan tingkat kepuasan dan loyalitas dengan tempat wisata lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/235/051903232
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.3 Personnel management (human resource management) > 658.306 Job analysis
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 11 Aug 2020 04:44
Last Modified: 08 Dec 2021 07:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169705
[thumbnail of Serly Ayu Leviana Putri (2).pdf]
Preview
Text
Serly Ayu Leviana Putri (2).pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item