Strategi Pengembangan Wisata Pantai Teluk Awur Jepara, Jawa Tengah

Az Zahra, Nabila (2019) Strategi Pengembangan Wisata Pantai Teluk Awur Jepara, Jawa Tengah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sebagai Negara Kepulauan yang memiliki laut luas dan garis pantai yang panjang, sektor maritim dan kelautan menjadi sangat strategis bagi Indonesia yang ditinjau dari berbagai aspek. Salah satunya yaitu aspek ekonomi. Hal ini sangat logis jika ekonomi kelautan dijadikan tumpuan bagi pembangunan ekonomi nasional. Dengan begitu, potensi kekayaan maritim dapat dikembangkan menjadi komoditi pariwisata di laut Indonesia, salah satunya dapat diajadikan wisata pantai (seaside tourism) yang termasuk dalam sektor pariwisata bahari. Sektor pariwisata merupakan sektor yang potensial untuk dikembangkan sebagai salah satu sumber pendapatan daerah dan pembangunan nasional. Pantai Teluk Awur merupakan salah satu objek wisata yang berada di Desa Teluk Awur, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah. Objek objek wisata Pantai Teluk Awur dalam pengelolaan potensi alam, Desa Teluk Awur membentuk Badan Hukum yang dinamakan BUMDES yaitu Badan Usaha Miliki Desa, yang dikelola oleh pemerintah desa dan masyarakat dengan tujuan untuk memperkuat perekonomian desa. Dengan itu BUMDES merupakan badan hukum yang mewadai dan memfasilitasi POKJA Teluk Awur. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan profil tempat wisata Pantai Teluk Awur Jepara, Jawa Tengah (2) Mengetahui sistem pengelolaan wahana Pantai Teluk Awur Jepara, Jawa Tengah(3) Meganalisis Faktor internal dan Eksternal yeng mempengaruhi pengembangan wisata Pantai Teluk Awur (4) Merumuskan strategi pengembangan wisata Pantai Teluk Awur. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan Analisis SWOT.Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, kuisioner. populasi dalam penelitian ini adalah pengelola dan pengunjung. Sampel pada penelitian ini adalah pengelola dan pengunjung Pantai Teluk Awur usia 17 tahun keatas dan narasumber yakni kepala desa selaku pengelola Pantai Teluk Awur. Teknik penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Linier Time Fuction (LTF) dengan didapat 27 responden. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Analisis data meliputi analisis data kualitatif meliputi profil objek wisata Pantai Teluk Awur, analisis IFE, EFE, SWOT. Adapun hasil penelitian yang didapatkan yaitu berdasarkan hasil kuisioner yang disebar kepada 27 responden dari berbagai tingkat pendidikan, usia, jenis kelamin, dan pendidikan didapatkan hasil hasil sikap konsumen (responden) terhadap fasilitas dilihat dari hasil analisis 23 pernyataan yang diberikan, konsumen dominan menjawab Sangat Setuju terhadap pernyataan Keindahan dan Budaya Khas, keindahan alam, suasana sejuk, tersedia parkir, tersedia warung makan dan minum, tersedia tempat pembelian oleh-oleh, tersedia toilet ivdan sumber air bersih, tersedia posko keamanan, atraksi wisata menarik, tersedia aliran listrik, tersedia tempat sampah, promosi melalui media, harga tiket terjangkau, dan trend wisata alam meningkat. Konsumen menjawab Setuju terhadap pernyataan masyarakat dan pengelola bersikap ramah, kecenderungan berkunjung kembali, promosi melalui media cetak, tersedia penginapan, pengembangan wahana optimal, dan tersedia tempat ibadah. Konsumen menjawab Tidak Setuju terhadap pernyataan kebersihan terjaga, jalan mudah dilalui, dan sistem komunikasi mudah dijangkau. Sehingga diketahui faktor internal dan eksternal yang terdiri dari faktor internal terdiri dari faktor kekuatan yakni (1) Memiliki keindahan alam yang asri dan sejuk, (2)Memiliki fasilitas yang memadai, (3) Memiliki atraksi wisata (kesenian dan budaya lokal) dan wisata edukasi yang menarik, (4) Adanya dukungan dari masyarakat, (5) Harga tiket terjangkau, (6) Promosi wisata yang dilakukan optimal, dan (7) Pelayanan yang baik dari pengelola dan masyarakat. Dan faktor kelemahan meliputi (1) Alokasi dana terbatas, (2) Aksesbilitas kurang memadai, (3)Pengembangan wahana kurang optimal, (4) Adanya jalur non formal menuju objek wisata, dan (5) Tiket masuk tidak dilengkapi dengan asuransi. Total IFE sebesar 3,07 yang menunjukkan bahwa objek objek wisata Pantai Teluk Awur mampu menutupi kelemahan yang ada dan meningkatkan kekuatan yang dimiliki. Sedangkan faktor eksternal terdiri dari faktor peluang meliputi (1) Kebijakan pemerintah, (2) Kencederungan wisatawan untuk kembali mengunjungi lokasi wisata, (3) Adanya trend wisata alam, dan (4) Menjalin kerjasama dengan biro perjalanan wisata. Dan faktor ancaman meliputi (1) Fenomena alam yang merusak, (2) Kondisi cuaca tidak menentu, (3) Lokasi jauh dari pusat kota, (4) Kurangnya kesadaran pengunjung dalam menjaga lingkungan, (5) Perkembangan objek wisata alam yang meningkatkan persaingan, dan (6) Jaringan komunikasi tidak stabil total EFE sebesar 2,59 yang menunjukkan bahwa objek objek wisata Pantai Teluk Awur siap menghadapi ancaman dengan memanfaatkan peluang yang ada. Berdasarkan matriks SWOT didapat strategi S-O, strategi W-O, strategi S-T dan Strategi W-T. Sehingga strategi pengembangan pada objek objek wisata Pantai Teluk Awur menggunakan strategi S-O yang didapat dari hasil matriks Grand Strategy yakni posisi berada di kuadaran I Adapun saran yang dapat diberikan kepada pengelola adalah supaya meningkatkan pengembangan objek wisata Pantai Teluk Awur dapat menggunakan strategi agresif atau strategi S-O.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/193/051903282
Uncontrolled Keywords: Pariwisata, Wisata Pantai, Pengelolaan
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.4 Secondary industries and services > 338.47 Services and specific products > 338.479 1 Services and specific products (Geography and travel)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 01 Oct 2019 06:28
Last Modified: 25 Oct 2021 08:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169698
[thumbnail of NABILA AZ ZAHRA (2).pdf]
Preview
Text
NABILA AZ ZAHRA (2).pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item