Aspek Biologi Ikan layang biru (Decapterus macarellus Cuvier,1833) yang Didaratkan di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Prigi Trenggalek Jawa Timur

Ningtyas, Dinda Puspita (2019) Aspek Biologi Ikan layang biru (Decapterus macarellus Cuvier,1833) yang Didaratkan di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Prigi Trenggalek Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Prigi merupakan salah satu tempat untuk pendaratan ikan di Trenggalek Jawa Timur.PPN Prigi memiliki komoditas sumber daya ikan pelagis kecil yang potensial, salah satunya adalah ikan layang biru (Decapterus macarellus). Ikan layang adalah salah satu ikan yang digemari oleh sebagian besar masyarakat. Selain sebagai sumber pangan, ikan tersebut juga menjadi sumber pendapatan bagi para nelayan dan masyarakat di Trenggalek. Berkaitan dengan peranannya yang cukup besar dalam bidang perikanan, maka kelestarian sumberdaya ikan layang biru (D. macarellus) perlu di pertahankan dan dikelola secara optimal dan berkesinambungan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2018 - Maret 2019. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aspek biologi ikan layang berdasarkan beberapa parameter antara lain hubungan panjang berat, nisbah kelamin, tingkat kematangan gonad, indeks kematangan gonad, Length at first capture (Lc) dan length at first mature (Lm), analisis komposisi makanan, dan parameter pertumbuhan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif yaitu melakukan pengamatan dan pengambilan data secara langsung di lapang. Data kemudian dianalisis dengan bantuan sofware Microsoft Excel 2016 dan FISAT II (Fish Stock Assesment Tools). Berdasarkan analisis aspek biologi didapatkan jumlah sampel ikan layang sebanyak 540 ekor ikan, hubungan panjang dan berat layang biru mendapatkan persamaan W = 0.143L2.8877 dengan pola pertumbuhan bersifat Isometrik. Rasio nisbah kelamin jantan dan betina adalah 50 : 50.Tingkat kematangan gonad yang dijumpai dalam penelitian ini antara ikan jantan dan betina rata-rata banyak didominasi TKG lll hingga V. Nilai indeks kematangan gonad didapatkan hasil rerata 1.46 %. Nilai Lc sebesar 27.10 cmTL dan Lm 23.67 cmTL yang artinya ikan sudah layak tangkap. Analisa komposisi makanan didapatkan makanan utama layang biru adalah Arthropoda.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/46/051903085
Uncontrolled Keywords: Ikan Layang Biru, Decapterus macarellus, Aspek Biologi
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 597 Cold-blooded vertebrates > 597.7 Perciformes
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 31 Jul 2019 03:59
Last Modified: 23 Oct 2021 06:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169697
[thumbnail of Dinda Puspita Ningtyas.pdf]
Preview
Text
Dinda Puspita Ningtyas.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item