Uji Daya Hambat Ekstrak Daun Kipahit (Tithonia Diversifolia) Terhadap Bakteri Pseudomonas Aeruginosa Secara In Vitro

Wahyudi, Maulana (2019) Uji Daya Hambat Ekstrak Daun Kipahit (Tithonia Diversifolia) Terhadap Bakteri Pseudomonas Aeruginosa Secara In Vitro. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Keberhasilan suatu budidaya tidak terlepas dari sistem budidayanya. Salah satu hambatan yang sering terjadi adalah adanya penyakit yang menginfeksi organisme budidaya. Hal ini yang menyebabkan kerugian dalam kegiatan budidaya. Berhasilnya suatu usaha budidaya ikan tidak terlepas dari masalah penyakit, adapun organisme penyebab penyakit yang biasa menginfeksi ikan umumnya berasal dari golongan jamur, bakteri, virus, dan parasit. Meskipun jarang terjadi pada kolam-kolam yang terawat dengan baik, bakteri yang menginfeksi ikan dapat menimbulkan kerugian besar bagi petani ikan. Obat herbal merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan dan tidak menimbulkan efek negatif bagi pembudidaya. Daun kipahit adalah obat alami dari tanaman sehingga tidak menyebabkan efek negatif dan memiliki fungsi untuk membunuh bakteri dengan antibakteri. Salah satu obat herbal alternative yaitu daun kipahit (Tithonia diversifolia) yang memiliki kandungan antibakteri flavonoid dan alkanoid. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak kasar daun kipahit (T. diversifolia) terhadap daya hambat bakteri Pseudomonas aeruginosa secara In Vitro. Penelitian ini berguna untuk mengetahui manfaat ekstrak kasar daun kipahit (T. diversifolia) dengan dosis yang berbeda sebagai antibakteri terhadap bakteri P. aeruginosa secara In Vitro. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Budidaya Ikan Divisi Parasit dan Penyakit Ikan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Brawijaya, Malang pada Desember-Januari 2019. Metode yang digunakan dlam penelitian ini adalah menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan 5 perlakuan dosis yaitu 250 ppm, 500 ppm, 750 ppm, 1.000 ppm, dan 1.250 ppm dan dilakukan 3 kali pengulangan. Untuk aktivitas antibakteri dilakukan dengan metode difusi yaitu uji cakram (disk) Untuk hasil dari penelitian yang telah dilakukan yaitu ekstrak kasar daun kipahit (T. diversifolia) memberikan pengaruh terhadap bakteri P. aeruginosa. Ekstrak kasar saun kipahit (T. diversifolia) dapat menghambat bakteri P. aeruginosa tetapi tidak dapat membunuh bakteri P. aeruginosa dapat diketahui pada waktu 48 jam diameter zona hambat semakin mengecil. Perlakuan terbaik terdapat pada perlakuan E dosis 1.250 ppm dengan hasil rata-rata diameter zona bening sebesar 11,21 mm. Dari penelitian ini dapa disimpulkan bahwa tinggi dosis ekstrak kasar daun kipahit maka semakin besar pula daya hambat dari bakteri P. aeruginosa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/221/051903218
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 579 Natural history of microorganisms, fungi, algae > 579.3 Prokaryotes
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Aug 2020 08:04
Last Modified: 12 Aug 2020 08:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169672
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item