Pengaruh Pengayaan Artemia Sp. Dengan Pakan Kombinasi Dunaliella Sp. Dan Probiotik Pada Kelangsungan Hidup Dan Pertumbuhan Glass Eel Sidat (Anguilla Bicolor)

Prakoso, Bayu Dwi (2019) Pengaruh Pengayaan Artemia Sp. Dengan Pakan Kombinasi Dunaliella Sp. Dan Probiotik Pada Kelangsungan Hidup Dan Pertumbuhan Glass Eel Sidat (Anguilla Bicolor). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ikan sidat merupakan komoditas perikanan yang memiliki permintaan dan nilai jual tinggi, baik pasar lokal maupun internasional. Salah satu masalah yang dihadapi oleh usaha pembenihan sidat adalah rendahnya tingkat kelangsungan hidup dan tingkat pertumbuhan pada stadia larva yang disebabkan rendahnya mutu pakan yang diberikan. Artemia sp. sendiri merupakan salah satu pakan alami bagi larva sidat, salah satu pakan alami dari Artemia sp. ialah Dunaliella sp. Artemia sp. dan Dunaliella sp. sendiri memikili kandungan protein yang tinggi masing-masing 40 % dan 57% di dalamnya. Upaya akhir-akhir ini yang sering dilakukan adalah dengan pengaplikasian probiotik pada pakan karena dianggap lebih aman dan ramah lingkungan. Oleh karena itu, pengkayaan Artemia sp. menggunakan Dunaliella sp. dan probiotik sebagai pakan glass eel sidat perlu dilakukan. Metode dari penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan rancangan acak lengkap (RAL), empat perlakuan dengan tiga kali ulangan. Perlakuan A (pemberian pakan Artemia sp.), perlakuan B (pemberian pakan Artemia sp. yang diperkaya dengan Dunaliella sp. 25% dan probiotik 75%), perlakuan C (pemberian pakan Artemia sp. yang diperkaya dengan Dunaliella sp. 50% dan probiotik 50%), dan perlakuan D (pemberian pakan Artemia sp. yang diperkaya dengan Dunaliella sp. 75% dan probiotik 25%). Parameter utama yang diamati adalah kelangsungan hidup (SR), laju pertumbuhan spesifik (SGR) dan rasio konfersi pakan (FCR), sedangkan parameter penunjang pada penelitian ini adalah kualitas air meliputi suhu, DO dan pH yang diukur setiap pagi dan sore. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian pakan Artemia sp. yang diperkaya dengan Dunaliella sp. dan probiotik memberikan hasil tidak berbeda nyata terhadap kelangsungan hidup (SR) glass eel, namun memberikan nilai SR yang tinggi yakni sebesar 88,9-93,33% dikarenakan pemeliharaan yang terkontrol dan kecukupan jumlah dan jenis pakan yang diberikan. Sedangkan pada laju pertumbuhan spesifik (SGR) dan rasio konfersi pakan (FCR) menunjukan hasil berbeda sangat nyata pada larva sidat dengan nilai tertinggi terdapat pada perlakuan D (pemberian pakan Artemia sp. yang diperkaya dengan Dunaliella sp. 75% dan probiotik 25%) berturut-turut sebesar 2,49 %bb/hari dan 1,24 dikarenakan Artemia sp. yang diperkaya dengan Dunaliella sp. memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga dapat menunjang pertumbuhan ikan. Selain itu probiotik juga berperan penting dalam menghasilkan enzim pencernaan pakan seperti amylase, protease, lipase dan selulose. Kesimpulan yang didapat yaitu pemberian pakan Artemia sp. yang diperkaya dengan Dunaliella sp. dan probiotik tidak mempengaruhi kelangsungan hidup larva sidat. Sedangkan pemberian pakan Artemia sp. yang diperkaya dengan Dunaliella sp. dan probiotik berpengaruh sangat nyata terhadap pertumbuhan larva sidat. Hasil pertumbuhan terbaik pada perlakuan D (Artemia yang diperkaya dengan Dunaliella sp. 75% dan probiotik 25%).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/227/051903224
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.3 Culture of cold-blooded vertebrates
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 17 Oct 2020 14:23
Last Modified: 17 Oct 2020 14:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169665
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item