Strategi Komunikasi Instruksional pada Sekolah Inklusi (Studi pada Tenaga Pendidik di SMK Negeri 2 Malang)

Romadhona, Isamasii (2018) Strategi Komunikasi Instruksional pada Sekolah Inklusi (Studi pada Tenaga Pendidik di SMK Negeri 2 Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

SMK Negeri 2 Malang merupakan salah satu sekolah inklusi yang berada di kota inklusif, yaitu Kota Malang. Proses belajar mengajar di kelas inklusi bukan hal mudah, sebagaimana adanya pencampuran siswa difabel dan non difabel dalam satu kelas dengan perbedaan karakteristik siswa. Hal ini terlihat dari cara berkomunikasi, berinteraksi, hingga berperilaku. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis strategi komunikasi instruksional yang dilakukan oleh pendidik di sekolah inklusi SMK Negeri 2 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara, dokumentasi, dan observasi. Penelitian ini melibatkan 8 informan, dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa pendidik menggunakan beberapa metode dari strategi komunikasi diantaranya yaitu mengidentifikasi komunikan (mengenali karakteristik siswa), pengemasan pesan yang berbeda pada siswa dengan gangguan kognitif, gangguan pendengaran, juga non difabel, penerapan jenis pesan komunikasi, pemilihan media pembelajaran dan pendekatan personal dengan memperhatikan feedback siswa. Metode tersebut akan disesuaikan berdasarkan karakteristik siswa pada jurusan dengan implikasi menggunakan 2 pendekatan yaitu relational dan rethorical. Pendekatan relational diberlakukan pada siswa non difabel di jurusan AP dan TKJ, sedangkan siswa dengan gangguan kognitif di jurusan AP akan diberlakukan sama dengan siswa non difabel. Pada pendekatan rethorical, diberlakukan pada siswa dengan gangguan pendengaran di jurusan TKJ. Penelitian ini menemukan bahwa terdapat 2 pendekatan yang berbeda pada karakteristik yang berbeda di jurusan TKJ. Sehingga penelitian ini telah mampu menunjukkan bahwa tidak semua siswa difabel akan selalu berbasis rethorical.

English Abstract

Vocational High School 2 at Malang, is either inclusion schools in the inclusive city or Malang City. The instructional process in inclusion classes is not easy as the merger of difable and non-difable students in one class with differences in student characteristics, seen in terms of communicating, interacting socially to behaving. The main objective in this study was to find out and analyze of instructional communication strategies carried out by educators in the inclusive school of Vocational High School 2 at Malang. This research is a descriptive qualitative research with interview data collection techniques, documentation, and observation. This study involved 8 informants with the results of research can show that educators used several methods of communication strategies including identifying communicants (recognizing student characteristics), packaging different messages in students with cognitive impairments, hearing impairments, and non-difable, the application of communication message types , selection of learning media and personal approaches by paying attention to students feedback. The method will be adjusted based on the characteristics of students in the department with the implication of two approaches, that is relational and rethorical. The relational approach applies to non-difable students in the major of hotel accommodation and computer network Engineering, while students with cognitive impairments in the major of hotel accommodation will be applied to non-difable students. In the rethorical approach, it applies to students with hearing loss in the major of computer network Engineering. This study found that there are 2 different approaches to different characteristics in the major of computer network Engineering. The results showed that not all difable students will always be based on rethorical approach.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/286/051902458
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Instruksional, Inklusi, strategi komunikasi pendidik, difabel, non difabel Instructional Communication Strategy, Inclusion, Communication Strategy, Educators, difable, non-difable
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 20 Jul 2020 04:51
Last Modified: 20 Jul 2020 04:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169655
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item