Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Wisatawan Berkunjung Kembali dengan Mediasi Kepuasan Wisatawan di BeeJay Bakau Resort (BJBR) Probolinggo, Jawa Timur

-, Rohmatin (2019) Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Wisatawan Berkunjung Kembali dengan Mediasi Kepuasan Wisatawan di BeeJay Bakau Resort (BJBR) Probolinggo, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

BeeJay Bakau Resort (BJBR) merupakan sebuah ekowisata bakau yang terletak di Kota Probolinggo. BJBR dikenal sebagai primadona wisata di Kota Probolinggo. Berdasar data dari BPS (2018), data jumlah pengunjung ekowisata BJBR pada tahun 2017 berjumlah 95.990 orang. Tujuan penelitian ini pertama mendeskripsikan karakteristik wisatawan yang berkunjung ke tempat ekowisata BJBR. Kedua, menganalisis pengaruh bauran pemasaran yang terdiri dari produk (product), harga (price), tempat (place), promosi (promotion), orang (people), dan bukti fisik (physical evidence) terhadap keputusan wisatawan berkunjung kembali ke tempat ekowisata BJBR Probolinggo melalui mediasi kepuasan wisatawan. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanatori dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah wisatawan dalam negeri yang berkunjung ke BJBR dengan kriteria umur minimal 15 tahun. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah Nonprobability sampling jenis accidental sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan teori Roscoe yaitu 10 kali dari jumlah variabel yang diteliti sehingga didapatkan jumlah sampel sebanyak 90 responden. Data primer pada penelitian ini diperoleh dari kuesioner yang disebar kepada responden, kemudian data sekunder diperoleh dari website BJBR dan studi literatur yang terkait. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif berdasarkan data profil wisata dan karakteristik responden dan analisis deskriptif kuantitatif menggunakan uji SEM-PLS untuk menganalisa pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan wisatawan berkunjung kembali dengan mediasi kepuasan wisatawan. Karakteristik wisatawan BJBR yang diteliti meliputi usia, jenis kelamin, tingkat pendapatan per bulan, pekerjaan, jumlah kunjungan, daerah asal, rekan kunjungan dan tujuan/motivasi kunjungan. Hasil bootstrap menunjukkan bahwa variabel bauran pemasaran yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan adalah variabel promosi dan proses, sedangkan variabel produk, harga, tempat, bukti fisik, dan manusia berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan wisatawan. Kemudian variabel dari bauran pemasaran yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung kembali hanya variabel proses, sedangkan yang lainnya yaitu variabel produk, harga, tempat, promosi, bukti fisik, dan manusia berpengaruh tidak signifikan terhadap variabel keputusan berkunjung kembali. Selain itu dari hasil PLS didapatkan bahwa variabel kepuasan wisatawan berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan berkunjung kembali Saran dari hasil penelitian, BJBR perlu mempertahankan bahkan meningkatkan strategi promosi dan pelayanan dari petugas untuk meningkatkan kepuasan wisatawan. Selain itu, BJBR perlu mempertahankan sikap keramahan dan kerapian petugas BJBR untuk meningkatkan jumlah kunjungan ulang wisatawan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/15/051903054
Uncontrolled Keywords: Pariwisata, Pemasaran, Kepuasan Wisatawan, Minat Berkunjung
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.4 Secondary industries and services > 338.47 Services and specific products > 338.479 1 Services and specific products (Geography and travel)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 01 Oct 2019 03:04
Last Modified: 23 Oct 2021 07:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169617
[thumbnail of Rohmatin.pdf]
Preview
Text
Rohmatin.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item