Respons Masyarakat Terhadap Kebijakan Penertiban Parkir Liar (Studi Kasus Penderekan Kendaraan Roda Empat di Jakarta Selatan)

Puteri, Ditha Fathiana (2019) Respons Masyarakat Terhadap Kebijakan Penertiban Parkir Liar (Studi Kasus Penderekan Kendaraan Roda Empat di Jakarta Selatan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini berjudul Respon Masyarakat Terhadap Kebijakan Penertiban Parkir Liar (Studi Kasus Penderekan Kendaraan Roda Empat di Jakarta Selatan). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana respon masyarakat terhadap kebijakan penderekan kendaraan roda empat dalam penertiban parkir liar di wilayah Jakarta Selatan dan mengetahui apa faktor yang membuat masyarakat memarkirkan kendaraannya di ruang milik jalan. Penelitian ini menggunakan teori implementasi kebijakan Merilee S. Grindle dan menganalisis dari segi Context of Policy. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan alur berpikir deduktif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menjelaskan bagaimana respon masyarakat terhadap kebijakan penderekan kendaraan roda empat dalam penertiban parkir liar di wilayah Jakarta Selatan dan beberapa faktor yang membuat masyarakat memarkirkan kendaraanya di ruang milik jalan. Respon yang diberikan masyarakat terhadap kebijakan penderekan kendaraan ternyata dilihat positif oleh masyarakat, namun banyak masyarakat yang mengaku belum mengetahui mengenai kebijakan tersebut. Faktor-faktor yang menyebabkan masyarakat memarkirkan kendaraanya di ruang milik jalan antara lain, kurangnya lahan parkir resmi, banyaknya jumlah kendaraan, kondisi jalan yang sempit, kurangnya kesadaran masyarakat, dan sosialisasi yang kurang kepada masyarakat.

English Abstract

This study entitled “Citizens Respond about Policy of Illegal Parking (with Case Study Car Towers in South Jakarta)”. The purpose of this study is to find out the public response about policy of cars towing in controlling illegal parking in South Jakarta, and to knows all factors that made people parked the car in the street. This study uses implementation policy theory of Merilee S. Grindle and analyze the Context of Policy. This research method uses qualitative descriptive research methods with the type of deductive thinking. Data collection technique with interview, observation and documentation. The results of the study explain how citizens response the policy of towing a car in the control of illegal park in South Jakarta and several factors that make people parking the car in the street. The citizens response about towing policy turned out to be seen positively, but many people claimed didn’t know about the policy. Factors that the people to parked their cars in the street are less parking lots , the large number of vehicles, the narrow road, lack of public awareness, and lack of socialization to the citizens

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/243/051902615
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kebijakan, Parkir Liar, Penderekan, Dinas Perhubungan, Jakarta Selatan Implementation Policy, Illegal Parking, Car Towing, Department of Transportation, South Jakarta.
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 06 Sep 2020 13:07
Last Modified: 27 Jun 2022 07:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169460
[thumbnail of Ditha Fathiana Puteri (2).pdf] Text
Ditha Fathiana Puteri (2).pdf

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item