Pratiwi, Ni Made Andyani (2018) Audit Komunikasi Kampanye Program Perhutanan Sosial The Asia Foundation Indonesia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pemanfaatan hutan secara besar-besaran dan ketidak adilan dalam hal pengelolaan hutan merupakan hal yang melatarbelakangi terbentuknya kampanye program perhutanan sosial yang dibuat oleh pemerintah (KLHK). Audit komunikasi dilakukan kepada kampanye program selama tahun 2017. Kampanye ini bertujuan untuk meningkatkan awareness masyarakat terhadap hutan Indonesia dan hasilnya, serta keadilan terhadap masyarakat di sekitar hutan. Audit komunikasi adalah alat evaluasi untuk program jangka panjang dengan menunjukkan kekuatan dan kelemahan yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kampanye perhutanan sosial dengan menggunakan mixed method research (MMR). Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan pada tahap preparation sebagian besar yang dilakukan sudah baik, namun ada beberapa langkah yang dilewatkan sehingga memiliki dampak tersendiri dalam tahap implementation. Selanjutnya dalam tahap implementation terdapat beberapa masalah yang belum bisa diatasi, namun terdapat kelebihan yang ditunjukkan dalam hal komunikasi eksternal. Sementara dalam tahap impact peneliti melihat bahwa tujuan kampanye belum sepenuhnya tercapai. Sampai akhirnya perlu dilakukan beberapa perbaikan guna kampanye perhutanan sosial yang lebih baik.
English Abstract
The massive scale of forest utilization and injustice in forest management are the reasons to government established Perhutanan Sosial campaign. Researcher did a communication audit of this campaign in year 2017. This campaign has a purpose to increase the awareness of society about the importance of forest and its product and also improve the justice of forest management in Indonesia especially for those who live near the forest. Communication audit is an evaluation tool for a long term program by showing the lack and the advantages of the program. The purpose of this research is to knowing the execution of this campaign by using mixed method research (MMR). The method of data collection that been used are interview, documentation, and questionnaire. The result showed that in preparation stage mostly done well, but there are some steps that they missed so it has a side effect to the implementation stage. Next on implementation stage, the researcher found some problems that have not solved yet but beside that there are some advantages on this stage especially the external communication. Last on impact stage, the researcher found that the purpose of this campaign is not all complete. By that, in the end it needs to be improve for a better result.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FISIP/2019/238/051902610 |
Uncontrolled Keywords: | Audit Komunikasi, Kampanye, Komunikasi Organisasi Communication Audit, Campaign, Communication Organization |
Subjects: | 300 Social sciences > 303 Social Processes > 303.3 Coordination and control > 303.37 Social norms > 303.375 Propaganda |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 20 Jul 2020 15:39 |
Last Modified: | 20 Jul 2020 15:39 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169455 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |