Arifinandia S., Safira (2018) Strategi Presentasi Diri Anak Dari Keluarga Broken Home Dalam Mengatasi Stigma Sosial. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Beberapa penelitian tetang anak broken home banyak dilihat dari sisi psikologis, dengan melihat anak broken home yang identik dengan anak-anak yang nakal. Kondisi tersebut menempatkan anak-anak broken home terkena dampak sosial berupa stigma, termasuk dari keluarga besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi presentasi diri anak dari keluarga broken home di balik stigma sosial yang diterima. Melalui desain penelitian kualitatif dengan paradigma interpretif, penelitian ini melibatkan 4 informan dari latar belakang keluarga broken home. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi aktivitas dalam media sosial dan berupa hasil screen capture. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadinya keluarga broken home disebabkan oleh beberapa hal, yaitu terjadinya perselisihan secara terus-menerus di antara kedua orang tua, adanya penghianatan yang dilakukan, dan adanya kekerasan dalam rumah tangga. Kondisi ini tentunya menjadi kesulitan tersendiri bagi anak broken home, mengingat adanya stigma yang melekat bahwa anak broken home cenderung mengarah kepada hal yang negatif. Adanya stigma tersebut membuat informan melakukan suatu presentasi diri yang ditunjukkan secara offline maupun online. Hal tersebut dilakukan informan untuk mengelola suatu kesan bahwa anak broken home sama seperti anak normal lainnya yang memiliki masa depan dan harapan yang baik. Adapun presentasi diri secara offline dilakukan dalam bersosialisasi di dunia nyata dengan melakukan kegaitan-kegaitan positif dan menunjukkan suatu prestasi yang diraih. Sedangkan presentasi diri secara online dilakuan informan melalui dunia maya yang ditunjukkan informan melalui update status, upload foto serta pemberian balasan komentar yang menunjukkan bahwa mereka baik-baik saja.
English Abstract
Previous studies about broken home children are seen from a psychological perspective and synonymous with bad behavior. This condition places broken home children affected by social stigma, including from families. This study aims to determine the self presentation strategies of children from broken home families behind the accepted social stigma. Through qualitative research design with an interpretive paradigm, this study involved 4 informants from broken home family backgrounds. Data are collected through interviews and observations on social media and results from screen captures. The results of this study indicate that the occurrence of broken home families is caused by several things, namely the occurrence of continuing disputes between the two parents, the betrayal committed, and the presence of domestic violence. This condition is certainly a separate difficulty for children broken home, given the inherent stigma that broken home children tend to lead to negative things. The existence of this stigma makes the informant do a self presentation which is shown offline and online. This was done by informants to create an impression that children of broken homes are just like other regular children who have futures and hopes. The offline self presentation is done in socializing in the real world by doing positive activities and showing an achievement. Meanwhile online self presentation is carried out by informants through the virtual world that is shown through status updates, uploading photos and giving replies to comments indicating that they are fine.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FISIP/2019/233/051902605 |
Uncontrolled Keywords: | Broken Home, Presentasi Diri, dan Stigma Broken Home, Self Presentation, Stigma |
Subjects: | 100 Philosophy, parapsychology and occultism, psychology > 158 Applied psychology > 158.2 Interpersonal relations |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 02 Sep 2019 03:13 |
Last Modified: | 02 Sep 2019 03:13 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169444 |
Actions (login required)
View Item |