Penerapan Dynamic Lighting Pada 2d Endless Runner Game Menggunakan Visibility Polygon Computation

Fitriajie, Arda Satata (2019) Penerapan Dynamic Lighting Pada 2d Endless Runner Game Menggunakan Visibility Polygon Computation. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul dynamic lighting pada video game dengan lingkungan 2D yang memiliki jenis endless runner yang menggunakan prinsip visibility polygon. Salah satu jenis efek grafis yang ada pada video game yaitu dynamic lighting, efek tersebut umumnya diterapkan pada game 3D yang mana efek tersebut dapat membawa kesan realistis dan immersive pada game yang dimainkan. Implementasi dynamic lighting pada game 2D pada penelitian sebelumya diimplementasikan menggunakan metode yang digunakan game 3D yaitu normal mapping, teknik tersebut lebih umum digunakan pada game top-down dan game dengan style isometric, sedangkan pada game yang akan diimplementasikan dapat digunakan teknik visibility polygon karena perspektif game yang dilihat dari samping. Pada penelitian ini akan diimplementasikan dynamic lighting menggunakan konsep visibility polygon karena sifat cahaya sama dengan konsep pengelihatan yang ada pada konsep visibility polygon pada bidang datar dua dimensi visibility polygon pada penelitian ini diimplementasikan menggunakan raycasting yang ditembakan dari suatu titik dan menyebar seperti sifat cahaya yang mana cahaya direpresentasikan dengan satu objek ray yang dipancarkan oleh modul. Berdasarkan kebutuhan diatas maka akan diimplementasikan modul dynamic lighting pada game 2D endless runner yang menghasilkan modul dynamic lighting yang diimplementasikan menggunakan raycasting yang memvisualisasikan visibility polygon dan didapatkan hasil pengujian fungsional 100% valid dan pengujian performa fps 2 kasus uji yang mendapat hasil fps diatas 24

English Abstract

his study aims to develop dynamic lighting modules in video games with 2D environments that have endless runner types that use the principle of polygon visibility. One type of graphic effect that exists in video games is dynamic lighting, this effect is generally applied to 3D games where the effect can bring a realistic and immersive impression on the game being played. The implementation of dynamic lighting in 2D games in the previous study was implemented using a method used in 3D games, namely normal mapping, the technique is more commonly used in top-down games and game with isometric style, whereas in the game to be implemented polygon visibility techniques due to game perspective which is seen from the side. In this study, dynamic lighting will be implemented using the concept of polygon visibility because the light nature is the same as the vision concept that exists in the concept of polygon visibility in the flat twodimensional polygon visibility in this study implemented using raycasting which is shot from a point and spreads like light where light represented by one ray object emitted by the module. Based on the above requirements, dynamic lighting modules will be implemented in 2D endless runner games that produce dynamic lighting modules that are implemented using raycasting that visualize polygon visibility and obtain 100% valid functional test results and fps performance testing of 2 test cases that get fps above 24

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/62/051902232
Uncontrolled Keywords: Dynamic Lighting, 2D Game, Endless Runner, Visibility Polygon, Raycasting, Dynamic Lighting, 2D Game, Endless Runner, Visibility Polygon, Raycasting
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.6 Computer graphics
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 24 Aug 2020 06:45
Last Modified: 24 Oct 2021 03:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169423
[thumbnail of Arda Satata Fitriajie (2).pdf]
Preview
Text
Arda Satata Fitriajie (2).pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item