Analisis Kualitas Layanan E-Government Pada Website Pemerintah Kabupaten Malang Dengan Dimensi E-Govqual Dan Importance-Performance Analysis (Ipa)

Roso, Dzat Dini (2019) Analisis Kualitas Layanan E-Government Pada Website Pemerintah Kabupaten Malang Dengan Dimensi E-Govqual Dan Importance-Performance Analysis (Ipa). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai kualitas layanan website Pemerintah Kabupaten Malang berdasarkan persepsi pengguna, mengetahui atribut apa saja yang menjadi prioritas perbaikan dan memberikan rekomendasi perbaikan. Penelitian ini menggunakan model e-govqual yang dikombinasikan dengan Importance Performance Analysis (IPA). Variabel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 4, yaitu efficiency, trust, reliability dan citizen support yang terdiri dari 21 indikator. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pengakses website Pemerintah Kabupaten Malang. Data didapatkan dengan penyebaran kuesioner yang telah diuji terlebih dahulu dengan validitas dan reliabilitas. Sampel diambil dengan non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Responden yang terlibat dalam penelitan ini sejumlah 111 orang. Dari penelitian ini di dapatkan bahwa variabel efisiensi (eficiency) secara menyeluruh memiliki tingkat kesesuaian sebesar 89.2% dengan nilai gap sebesar -0,34, variabel kepercayaan (trust) mendapat nilai 87,5% dengan nilai gap sebesar -0,42, variabel reliabilitas (reliability) memiliki tingkat kesesuaian 81,7% dengan nilai gap -0,42 dan variabel dukungan masyarakat (citizen support) memiliki tingkat kesesuaian sebesar 76.2% dan gap sebesar -0.8. Secara keseluruhan nilai kualitas layanan dengan menggunakan dimensi e-govqual dan Importance-Performance Analysis (IPA) memiliki tingkat kesesuaian sebesar 83,65% dan nilai gap sebesar -0,521 dapat disimpulkan bahwa kualitas website e-government Kabupaten Malang masih kurang dari harapan masyarakat. Indikator-indikator yang membutuhkan perbaikan terdapat pada variabel citizen support dan beberapa indikator pada reliability dan eficiency. Rekomendasi yang dapat diberikan yaitu, me-maintenance situs secara berkala, pengecekan fungsional website secara teratur, memperhatikan kapasitas hardware dan software, mempercepat respon petugas, menambahkan fitur chatting pada website, menambahkan Frequently Answer-Question (FAQ) pada website dan penambahan fitur kustomisasi bagi pengguna.

English Abstract

This study discusses to assess the service quality of Malang Regency Government website based on users’ perceptions, knowing what attributes are prioritized for repairs and giving recommendation to repair. This study uses the e-govqual model combined with Importance Performance Analysis (IPA). The variables used in this study amounted to 4, namely efficiency, trust, reliability and citizen support that all consist of 21 indicators. The population of this study is the people who have accessed the Malang Regency Government website. Data obtained by distributing questionnaires that passed validity and reliability. Samples are taken by non probability sampling with purposive sampling technique. Respondents involved in this research amounted to 111 people. The results of assesment for official website of Malang regency government have not met the expectations of users. The efficiency variable is 89.2% with a gap value of -0.34, the trust variable gets a value of 87.5% with a gap value of -0.42, the reliability variable has a conformity level of 81.7 % with a gap value of -0.42 and the citizen support variable has suitability level of 76.2% and a gap of -0.8. Overall the value of service quality using e-govqual and ImportancePerformance Analysis (IPA) has a suitability level of 83.65% and gap value of -0.521. So it can be concluded in the quality of Malang Regency egovernment website is still less than user’s expectation. Indicators that require improvement in citizen support variables and some indicators on reliability and efficiency. The recommendations that can be given are site maintenance regularly, checking website functionality regularly, considering the capacity of hardware and software, speeding up the response of officers, adding chat features on the website, adding Frequently Asked Questions (FAQs) on the website and provides customization features.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/61/051902231
Uncontrolled Keywords: Kabupaten Malang, e-government, e-govqual, ImportancePerformance analysis (IPA), Malang Regency, e-government, e-govqual, ImportancePerformance analysis (IPA)
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science > 004.6 Interfacing and communications > 004.67 Wide-area networks > 004.678 Internet
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 22 Jun 2020 03:30
Last Modified: 24 Oct 2021 03:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169419
[thumbnail of Dzat Dini Roso (2).pdf]
Preview
Text
Dzat Dini Roso (2).pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item