Pengembangan Aplikasi Informasi Calon Anggota Legislatif Pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 Dengan Menerapkan Konsep Gamifikasi Dan Pendekatan Hybrid

Purbawa, Doni Putra (2019) Pengembangan Aplikasi Informasi Calon Anggota Legislatif Pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 Dengan Menerapkan Konsep Gamifikasi Dan Pendekatan Hybrid. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemilihan umum calon legislatif di Indonesia merupakan pemilu yang terbesar dan menjadi sorotan dunia. Terdapat 14.556 pemberitaan terkait pemilihan legislatif dan sebanyak 3.318 atau 23 persen tentang pelanggaran pemilu, seperti gratifikasi, suap, penggelembungan suara, politik uang, pelanggaran administratif, dan berita hoax. Dalam kegiatan berkampanye pun masih mengandung unsur money politic dan informasi yang tidak valid. Media berkampanye dengan banner, umbul-umbul dan spanduk juga masih belum mampu untuk mengenal caleg lebih dekat. Saat ini, metode gamifikasi dinilai sangat efektif untuk menarik minat masyarakat untuk lebih interaktif dan konsumtif dalam menggunakan aplikasi. Beberapa unsur dalam metode gamifikasi yaitu point, badges, level, ranking juga sudah banyak diimplementasikan dalam berbagai domain seperti pelatihan, pendidikan, kesehatan dan lain-lain. Model pengembangan dengan pendekatan hybrid saat ini juga sangat populer karena hemat tenaga, waktu, dan biaya, serta dapat diimplementasikan dalam dua buah platform yang berbeda yaitu android dan iOS. Untuk mengatasi permasalah tersebut peneliti melakukan pengembangan aplikasi informasi calon anggota legislatif dengan menerapkan konsep gamifikasi dan pendekatan secara hybrid menggunakan framework Ionic. Dari hasil penelitian didapatkan nilai usabilitas sebesar 80,5% yang menunjukkan bahwa aplikasi dapat diterima dengan baik oleh pengguna, lalu nilai kompatibilitas sebesar 100% pada percobaan 3 perangkat berbeda yang berarti pendekatan secara hybrid berjalan dengan baik, dan berdasarkan rata-rata jawaban dari soal kuesioner SUS yang positif sebesar 92,8% dan soal yang negatif sebesar 44%

English Abstract

The general election of legislative candidates in Indonesia is the biggest election and being a spotlight of the world. There were 14,556 reports related to the legislative elections and 3,318 or 23 percent regarding election violations, such as gratuities, bribery, vote inflating, political money, administrative violation, and deceptive news. Even in campaigning it still contain political money and invalid information. The campaign media using banner, and a piece of paper as well as still unable to get to know the legislative candidates more closely. Nowadays, the gamification method is considered very effective in attracting people to be more interactive and consumptive in using the application. Some elements in gamification method which are points, bagdes, levels and ranking have also been implemented in various domains such as training, education, health and other. The development model with a hybrid approach is also currently very popular because it saves energy, time, cost, and can be implemented in two different platforms which are Android and iOS. To overcome these problems, researcher developed an information legislative candidates application by applying the concept of gamification and hybrid approach using the Ionic Framework. From the research result, founded an usability value of 80.5% which indicates that the application can be well received by the user, then the compatibility value of 100% in 3 different platform experiment, which means the hybrid approach runs well, and based on the average of the user’s answer from the question of a positive SUS questionnaire of 92.8% and a negative SUS questionnaire of 44%

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/76/051902246
Uncontrolled Keywords: pemilihan umum, calon legislatif, kampanye, ionic framework, point, ranking dan SUS, general election, legislative candidates, campaign, ionic framework, point, ranking, and SUS.
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data > 005.3 Programs > 005.36 Programs for personal computers
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 11 Aug 2020 04:09
Last Modified: 24 Oct 2021 03:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169414
[thumbnail of Doni Putra Purbawa (2).pdf]
Preview
Text
Doni Putra Purbawa (2).pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item